Tangerang – Daimler Commercial Vehicle Indonesia meluncurkan dua bus baru, Mercedes-Benz OF 1623 RF dan Mercedes-Benz O500RS 1836. Bus ini menggunakan mesin Euro3 dan telah kuat dalam meminum biodiesel B20.
"Produk kami sudah menggunakan Euro3, dan apa yang kami jual di Indonesia kompatibel dengan bahan bakar B20," kata Kepala Bus Daimler Commercial Vehicle Indonesia, Adri Budiman, di ICE, BSD, Tangerang, Kamis (12/6/2018).

Adri mengungkapkan bahwa kedua bus telah menguji konsumsi B20 dan mengklaim bahwa tidak akan ada hambatan dalam menggunakan bahan bakar. "Kami telah menjual mesin Euro3 di pasar lain, termasuk di Indonesia. Jadi kami telah menguji mesin ini, dan jelas dapat menggunakan B20. Kantor pusat kami juga mengatakan bahwa B20 dapat digunakan, tidak ada masalah jangka panjang dan jangka pendek di sesuai dengan peraturan, "jelasnya.

Sebelumnya, banyak perusahaan otobus mengeluh bahwa penggunaan bahan bakar B20 menyebabkan beberapa kendala pada transportasi mereka. Salah satunya dirasakan oleh Manhattan Otobus Company (PO) yang kebetulan juga memiliki salah satu model armada Mercedes-Benz.

"Terus terang ada keluhan dari penggunaan bahan bakar ini. Satu mesin Scania saya rusak karena biodiesel, Mercy saya juga sudah rusak karena biodiesel," kata Direktur Operasional Bus Manhattan Tjhahjo Wibowo ketika dia bertemu detikOto beberapa waktu lalu.

Menanggapi keluhan tersebut, DCVI melalui Adri menegaskan bahwa dua bus baru mereka siap menggunakan B20. "B20 masih untuk Euro2, ini mesin Euro," katanya. (rip / ddn)