Actros diklaim sebagai salah satu truk tercanggih saat ini.

REPUBLIKA.CO.ID, STUTTGART – Truk merupakan salah satu alat transportasi yang paling rentan terlibat dalam kecelakaan lalu lintas. Hal tersebut pula yang mendorong Mercedes Benz untuk terus menghadirkan produk-produk dengan sejumlah fitur keselamatan dan kenyamanan terkini.

Head of Mercedes-Benz Trucks, Stefan Buchner mengatakan, komitmen tersebut diwujudkan melalui peluncuran produk terbaru Mercedes Benz The new Actros F., kenyamanan dan keamanan, ”ujar Stefan Buchner dalam Digital Press Conference dari Jerman, Rabu (16/2). 23/9).

Melalui sejumlah pengembangan, truk tugas berat kini dilengkapi dengan sejumlah fitur seperti Multimedia Cockpit, MirrorCam, Predictive Powertrain Control, Active Drive Assist 2, Active Brake Assist 5, Lane Keeping Assist, dan Active Sideguard Assist. Dengan fitur-fitur tersebut, truk yang ditawarkan dalam 17 format tersebut diklaim sebagai salah satu truk tercanggih saat ini.

Fitur Multimedia Cockpit sendiri merupakan fitur tampilan yang lebih informatif di dashboard. Melalui fitur ini, pengemudi bisa lebih mudah mengetahui sejumlah instrumen penting terkait kondisi kendaraan.

Sedangkan fitur MirrorCam merupakan fitur kamera yang menggantikan kaca spion. Dengan sistem yang didukung dengan tampilan yang lebar, pengemudi dapat lebih optimal mengetahui kondisi di sekitar kendaraan. Di satu sisi, fitur ini juga mampu menunjang efisiensi kendaraan karena truk tidak lagi menggunakan kaca spion berukuran besar yang mempengaruhi aerodinamika kendaraan.

Selanjutnya, Predictive Powertrain Control merupakan fitur yang mendukung performa dan efisiensi karena sistem akan menyesuaikan posisi transmisi yang paling sesuai dengan kondisi lalu lintas dan topografi.

Nah, untuk fitur Active Drive Assist 2, Active Brake Assist 5, Lane Keeping Assist dan Active Sideguard Assist merupakan fitur yang dapat memberikan peringatan dan intervensi bagi pengemudi. Dengan kombinasi sistem ini, truk mampu memberikan kontrol otonom tingkat dua untuk memastikan truk dapat melaju dengan aman.

Head of Advanced Driver Assistance Systems & Brake Systems Trucks Mercedes Benz, Christoph Tresp berharap produk yang akan dipasarkan tahun depan ini diharapkan mampu memberikan nilai tambah dalam keselamatan berkendara sekaligus berkontribusi besar dalam mengurangi faktor human error.

"Contoh terbaik dari sistem bantuan yang kami tawarkan adalah Active Sideguard Assist baru dengan fungsi pengereman otomatis saat berbelok dan Active Drive Assist 2 dengan fungsi Emergency-Stop yang berfungsi saat pengemudi mengalami masalah kesehatan yang serius," kata Christoph Tresp.