Jakarta –

Mercedes-Benz menjawab semua tantangan pabrikan mobil untuk bisa melahirkan mobil listrik terbaik. Untuk pertama kalinya mereka memamerkan prototipe mobil listrik Vision EQXX, yang diklaim mampu menempuh jarak 1.207 km dengan sekali pengisian daya. Itu setara dengan jarak Jakarta-Denpasar!

Dikutip Carscoops, mobil listrik terbaru ini resmi ditampilkan di Beijing Motor Show 2020, dalam sesi menjelaskan strategi Mercedes-Benz ke depan. Mercedes-Benz EQXX resmi bocor untuk pertama kalinya.

Mercedes-Benz EQXX akan diproduksi di Stuttgart, dengan dukungan langsung dari AMG High Performance Powertrain Group. Grup yang berkantor pusat di Inggris ini memiliki pengalaman terbang yang tinggi dalam memproduksi kendaraan listrik.

Mercedes-Benz akhirnya mempercayakan teknisi terbaik untuk bisa melahirkan mobil listrik EQXX. Para insinyur yang mengembangkan EQXX menyebut jarak tempuh mobil itu luar biasa, bukan masalah ukuran baterai yang dimilikinya. Namun soal efisiensi penggunaan listrik yang ada.

"Cara termudah untuk mencapai jarak tempuh yang jauh adalah dengan memasukkan banyak baterai, tapi itu bukan cara yang tepat," kata penelitian dan pengembangan Mercedes, Markus Schafer.

Mercedes-Benz EQXX Foto: Pool (carscoops)

"Kami telah mengumpulkan sekelompok insinyur terbaik kami untuk melakukan tugas luar biasa ini, untuk membangun mobil listrik dengan jangkauan terpanjang dan efisiensi tertinggi yang pernah ada di dunia," kata Markus Schafer.

"Ini adalah proyek yang serius, mengejar teknologi generasi mendatang. Kami bermaksud untuk memasukkan pembelajaran ini ke dalam mobil produksi seri generasi berikutnya," tambahnya.

Hanya saja tidak dijelaskan teknologi apa saja yang termasuk dalam EQXX dan kapan sebenarnya akan diperkenalkan? Namun, Mercedes-Benz Vision EQXX diyakini akan menjadi prototipe yang akan diadopsi dan ditransmisikan ke semua model Mercedes-Benz.

Tonton Video "The New GLS, Mercedes SUV S-Class Level"
[Gambas:Video 20detik]
(lth / din)