Merek Honda identik dengan SUV, sedan, hatchback, dan city car

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menjamurnya sejumlah merek atau merek kendaraan bermotor dari berbagai negara di Asia dan Eropa, tampaknya belum mampu mendobrak dominasi pasar kendaraan Jepang di dalam negeri. Merek Honda masih menjadi favorit orang Indonesia sepanjang tahun 2019. Merek ini identik dengan jenis SUV, Sedan, Hatchback dan City Car.

Bahkan berdasarkan data OLX, Honda CR-V berada di antara SUV yang paling dicari. Di kelas sedan, Honda City, Honda Jazz dan Honda Brio juga merupakan jenis mobil yang paling populer untuk kategori Sedan, Hatchback, dan City Car. Jenis mobil yang menjadi perhatian publik sepanjang 2019 dan pada platform OLX adalah Honda CRV menempati posisi teratas diikuti oleh Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero di posisi ketiga untuk kategori SUV.

Sedangkan jenis sedan, Honda City dan Civic datang pertama dan kedua, diikuti oleh Toyota Vios di posisi ketiga. Posisi pertama sedan hatchback ditempati oleh Honda Jazz, diikuti oleh Toyota Yaris dan Ford Fiesta. Sedangkan tipe City Car, memenangkan Honda Brio di tempat pertama dan Toyota Agya bersama Daihatsu Ayla berbagi di posisi kedua dan ketiga.

"Data kami menunjukkan bahwa merek Jepang masih menjadi favorit orang Indonesia, dengan Honda mendominasi hampir semua kategori mobil penumpang," kata Agung Iskandar, Direktur Vertical OLX Indonesia dalam pernyataan tertulis, Kamis (27/2).

Untuk kategori MPV, merek Toyota masih mempertahankan posisinya sebagai mobil yang paling diinginkan pada platform penjualan e-commerce. Toyota Avanza dan Toyota Innova masing-masing menempati posisi pertama dan kedua untuk mobil yang paling dicari dalam kategori MPV. Daihatsu Xenia memenangkan posisi ketiga dalam kategori MPV.