Jakarta –

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menerima catatan positif ekspor mobil Indonesia di tengah pandemi korona. Mobil Suzuki yang dikirim secara keseluruhan atau sepenuhnya dibangun (CBU) selama kuartal pertama 2020 meningkat 22 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Sebenarnya kami optimis bahwa pertumbuhan ekspor mobil CBU pada Januari-Mei bisa lebih tinggi dari 22%. Tetapi mengingat bahwa kami saat ini dihadapkan dengan pandemi Covid-19 dan penurunan produktivitas dari berbagai sektor, angka itu adalah positif pencapaian, "kata Asisten Dept PT SIM Aris Yuliantoro Kepala Pengendalian Perencanaan Produksi melalui informasi resmi yang diterima AFP, Jumat (19/6/2020).

Tiga mobil buatan Suzuki yang laris manis di negara lain adalah New Carry, Ertiga, dan diikuti oleh XL-7.

Rincian ekspor CBU selama periode Januari hingga Mei 2020, All New Ertiga menjadi kontributor terbesar, yaitu 7.880 unit, kemudian New Carry berjumlah 3.339 unit, dan XL7 yang diluncurkan sebagai lini produk baru pada bulan Februari membantu meningkatkan Suzuki & # 39; ekspor dengan kontribusi 2.169 unit. Pada tahun 2020 Suzuki akan mengekspor kendaraan ke lebih dari 50 negara di dunia.

Di Indonesia, Suzuki sudah memiliki empat pabrik, yaitu Pabrik Cakung, Pabrik Tambun I, Pabrik Tambun II, dan Pabrik Cikarang. Sedangkan untuk pasar domestik, Pabrik Tambun 2 adalah lokasi produksi untuk model yang sebagian besar ditujukan untuk pasar domestik, seperti New Carry Pick Up, APV, dan Karimun Wagon R.

"Peningkatan ekspor ini membangun optimisme Suzuki untuk melanjutkan operasi setelah menghentikan sementara aktivitas pabrik. Saat ini pasar internasional sedang dalam masa pemulihan, dan untuk memenuhi permintaan ekspor, kami secara bertahap kembali ke produksi dengan mengimplementasikan Komitmen dan Kesehatan Suzuki Hygiene protokol dari Pemerintah. Kami berharap industri otomotif dan lainnya pulih dengan cepat dan bangkit bersama sehingga mereka dapat memberikan kontribusi positif bagi Indonesia, "pungkas Aris.

Lihat video "Sporty! Ini Tampilan Suzuki Baleno Baru Dengan 6 Fitur Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(riar / lth)