Jakarta –

Mini Cooper yang diparkir di garasi sebuah rumah mewah di Menteng, Jakarta Pusat, dibakar. Penyebab mobil terbakar tersebut masih dalam penjajakan.

Kebakaran terjadi di sebuah rumah di Menteng, Jakarta Pusat sekitar pukul 10.30 WIB siang tadi. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 11.20 WIB. Sayangnya mobil tersebut terbakar dan ruang garasi berukuran 4×6 meter juga ikut terbakar.

“Kerugian materiil diperkirakan Rp 1 miliar,” kata Kasudin Damkar Jakarta Pusat. Asril, saat dihubungi detik.com, Senin (5/10/2020).

Asril menambahkan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Sedangkan penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan.

Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa menyebabkan mobil terbakar. Penyebabnya bisa karena kesalahan pemilik mobil, atau karena kendala teknis.

Asosiasi Perlindungan Kebakaran Nasional Amerika Serikat (NFPA) mengatakan mobil dapat terbakar karena berbagai alasan. Masalah mekanis atau kelistrikan adalah penyebab paling umum.

NFPA memberikan beberapa tip. Pertama dan terpenting, mobil harus diservis secara teratur oleh mekanik yang terlatih secara profesional. Mobil yang terawat dengan baik cenderung lebih aman dari pembakaran.

Jika Anda menemukan atau melihat kebocoran yang membuat mobil tidak dapat berjalan dengan baik, segera periksa dan perbaiki untuk menghindari risiko mobil terbakar.

Kenali tanda-tanda bahaya. Misalnya kabel kendor atau rusak, oli atau cairan lain bocor, penutup bahan bakar, oli atau cairan lain yang tidak tertutup rapat, serta perubahan cepat tingkat bahan bakar, cairan, atau suhu mesin.

Selain itu, salah satu penyebab mobil terbakar adalah modifikasi sistem kelistrikan. Sistem kelistrikan yang dimodifikasi secara sembarangan dapat menyebabkan korsleting. Untuk itu, pemilik mobil diimbau untuk tidak memodifikasi sistem kelistrikan kendaraannya.

Hindari menyimpan barang yang mudah terbakar di dalam mobil. Barang-barang seperti bensin, tiner, parfum cair, atau korek api gas mudah terbakar saat disimpan di kabin.

Apalagi jika mobil diparkir di ruang terbuka dalam waktu lama. Benda-benda tersebut mengandung bahan aktif yang jika diletakkan di ruang tertutup dengan suhu udara tinggi berpotensi menimbulkan kebakaran dan menimbulkan kebakaran.

Tonton video "Korsleting, MINI Cooper di Menteng Luka Bakar!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar / din)