Jakarta –

Dalam memperkenalkan mobil listrik ada yang membawa bentuk mobil konvensional, gaya modern, gaya retro, atau bahkan kombinasi semuanya. Setidaknya itulah yang coba disampaikan dalam penampilan mobil listrik ini dari Jerman.

Perusahaan bernama Electric Brands berencana untuk meluncurkan mobil listrik ke pasar tahun depan. Mobil listrik yang terlihat seperti sekolah tua Suzuki Carry disebut eBussy.

eBussy didukung oleh platform listrik yang sepenuhnya modular. Ini artinya bagian bodi mobil dapat disesuaikan dengan kebutuhan maupun Carry terlebih dahulu.

Mobil listrik eBussy Foto: eBussy

Mobil listrik ini bisa menjadi mobil penumpang, juga bisa menjadi mobil komersial pikap. Bahkan, ada 10 gaya tubuh berbeda yang akan ditawarkan oleh eBussy.

Tidak hanya bodi, lokasi setir mobil ini dapat dengan mudah disesuaikan. Mau di kanan, di kiri, atau bahkan di tengah bisa jadi tempat di mana setir berada, cukup dengan menggeser setir.

Kemampuan untuk menyesuaikan posisi mengemudi adalah karena teknologi drive-by-wire. Artinya, setir dan pedal gas tidak terhubung secara mekanis ke sistem penggerak roda depan.

Mobil listrik eBussy Foto: eBussy

Semua model eBussy hadir dengan baterai kecil 10 kWh yang cukup untuk jarak 200 km. Ada juga opsi baterai 30 kWh yang meningkatkan jangkauan hingga 600 km.

Mobil ini digerakkan oleh motor listrik in-hub yang hanya menghasilkan 20 hp, tetapi memiliki torsi 737 lb-ft (1.000 Nm). Tenaga kecil diimbangi dengan bobot ringan 450 kg hingga 600 kg sesuai dengan tipe tubuh.

Semua jenis badan eBussy dilengkapi dengan panel surya di atap dan juga menerapkan sistem pemulihan energi rem.

eBussy akan dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Varian standar akan diberi label harga USD 18.273 atau sekitar Rp. 266 juta. Harga akan bervariasi tergantung pada gaya tubuh. Yang paling mahal adalah varian eBussy Offroad Camper dengan harga USD 33.309.

Lihat video "Mobil Listrik BMW i3s, Mungil tetapi Bertenaga"
[Gambas:Video 20detik]
(rip / lua)