Jakarta –

Yamaha menggunakan teknologi yang mirip dengan motor Ducati di ajang MotoGP 2020. Pembalap yang menggunakan motor Yamaha dari tim Petronas SRT, Fabio Quartararo, mengaplikasikan teknologi ini.

Teknologi ini merupakan sistem yang dapat mengubah ketinggian suspensi belakang untuk mendapatkan stabilitas motor yang lebih baik. Quartararo menggunakannya saat sesi kualifikasi di MotoGP Austria 2020.

Meski hanya selisih 0,087 detik dari Maverick Vinales yang merebut pole position, Quartararo belum bisa memastikan apakah sistem menawarkan keunggulan atau tidak.

"Sejujurnya sulit karena saya menggunakannya, tapi saya tidak yakin apakah berfungsi dengan baik atau tidak," katanya seperti dikutip Crash.

"Sangat sulit untuk menggunakannya dengan cara yang benar karena mungkin bisa membantu, tapi mungkin bisa lebih buruk."

"Jadi hari ini saya coba, tidak mudah, tapi di Jerez, di Brno saya tidak menggunakannya. Saya rasa di trek ini, baru pertama kali saya pakai."

"Jadi, kami perlu memeriksa sedikit apakah itu menguntungkan atau tidak, tapi selama balapan akhir pekan nanti akan sulit mengelola dengan perangkat ini."

Sebelumnya, sistem yang disebut ride-height system digunakan pada motor Ducati di MotoGP. Sistem tersebut memungkinkan motor untuk dinaikkan dan diturunkan sesuka pengendara.

Secara khusus, evolusi ini pertama kali dilakukan oleh Jack Miller di Buriram tahun lalu. Dengan teknologi tersebut, pengendara Ducati dapat menurunkan bagian belakang motornya sesuka hati saat berakselerasi di trek lurus yang panjang.

Manfaat kinerja dimulai dengan peningkatan anti-wheelie yang mencegah roda depan terangkat saat motor keluar dari tikungan. Kemudian lanjutkan dengan tarikan aerodinamis yang sedikit lebih rendah di sepanjang lintasan lurus. Hingga stabilitas pengereman yang lebih baik di tikungan.

Menurut Danilo Petrucci, pebalap Ducati, teknologi ini sangat membantu untuk transfer beban. Beberapa produsen lain menggunakan perangkat ini hanya saat startup untuk menurunkan bagian depan (dengan perangkat holeshot).

[Gambas:Instagram]

Tonton "Quartararo Tercepat dalam Latihan Bebas II MotoGP Ceko 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr / lua)