Hingga saat ini belum ada laporan masalah yang terkait dengan tensioner mesin otomatis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) saat ini mengadakan program Field Fix Campaign gratis untuk model kendaraan tertentu. Beberapa kendaraan yang dicakup oleh program ini adalah Mitsubishi Lancer EX, Outlander Sport, dan model Delica.

Direktur Divisi Aftersales MMKSI, Eiichiro Hamazaki mengatakan dalam pernyataan tertulisnya bahwa program ini adalah bentuk kepatuhan terhadap ketentuan yang diatur dalam undang-undang dan peraturan yang berlaku. Secara khusus Peraturan Menteri Perhubungan PM Nomor 33 Tahun 2018 tentang Pengujian Jenis Kendaraan Bermotor dan Jumlah PM 53 Tahun 2019 tentang Prosedur Penarikan Kendaraan Bermotor.

"Program kampanye peningkatan ini merupakan bentuk komitmen dan tanggung jawab kami dalam menjaga kualitas kendaraan secara berkelanjutan dan memberikan jaminan layanan purna jual yang berkualitas," kata Eiichiro dalam pernyataan tertulis, Kamis (27/2).

Untuk model Lancer EX, mobil yang termasuk dalam program ini adalah mobil produksi 2008 hingga 2010. Sedangkan untuk Outlander Sport, tahun produksi yang perlu mengikuti program ini adalah untuk mobil yang diproduksi pada 2010 dan 2011.

Mitsubishi Delica yang termasuk dalam kampanye ini adalah produk yang diproduksi pada 2010. Melalui program ini, semua mobil akan digantikan oleh bagian-bagian Engine Auto Tensioner.

Penggantian dilakukan karena desain auto tensioner ngine kurang sempurna sehingga menyebabkan tekanan atau gaya geser menjadi tinggi seiring dengan usia penggunaan sehingga dapat mempengaruhi daya tahan komponen-komponen ini. Hal ini kemudian berpotensi menyebabkan pemasangan engine tensioner otomatis yang terpasang pada blok engine retak saat engine digunakan di bawah kondisi mengemudi dengan beban tinggi atau kelebihan beban.

Dalam kondisi terburuk, tensioner otomatis mesin akan pecah atau pecah dan sabuk penggerak yang berfungsi sebagai penerus kecepatan engine untuk menyatukan rotasi pompa oli power steering, rotasi alternator dan rotasi pompa air pendingin radiator pendingin cairan pendingin. dilepaskan. Dalam kasus sabuk penggerak terpisah, lampu periksa engine menyala, tekanan oli power steering hilang, baterai atau kinerja baterai menurun dan mesin terlalu panas.

Namun, Mitsubishi mengklaim, hingga saat ini belum ada laporan tentang insiden masalah dengan tensioner mesin otomatis di Indonesia.

Di satu sisi, untuk mencegah hal itu terjadi, MMKSI melalui dealer kendaraan penumpang Mitsubishi Motors di seluruh Indonesia akan mengirim surat undangan untuk kampanye perbaikan kepada konsumen yang kendaraannya terlibat dalam kampanye. Dalam mengikuti kampanye peningkatan ini, konsumen pub tidak akan dikenai biaya apa pun.

Perbaikan ini sendiri dilakukan dengan mengganti komponen baru yang telah dikembangkan lebih baik dengan perkiraan waktu perbaikan sekitar 1,5 jam untuk penggantian Lancer EX, Outlander Sport & Delica Auto Tensioner Engine. Kampanye ini akan dimulai pada 28 Februari 2020 di semua dealer kendaraan penumpang Mitsubishi Motors di Indonesia.

"Kami mengundang pelanggan setia kendaraan penumpang Mitsubishi dengan model dan tahun kendaraan dimaksud untuk dapat memeriksa kendaraan mereka di dealer resmi kami dengan prosedur mudah dan kompensasi untuk penggantian suku cadang terkait tanpa biaya," katanya.

Untuk mendapatkan kepastian yang lebih rinci, konsumen didorong untuk dapat menghubungi dealer terdekat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang kampanye peningkatan ini. Konsumen juga dapat memeriksa nomor bingkai kendaraan mereka apakah terlibat atau tidak dalam kampanye perbaikan ini dengan mengakses situs web resmi Mitsubishi.