Mitsubishi terpaksa menaikkan harga karena menyesuaikan dengan berbagai aspek.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) berniat menaikkan harga beberapa jenis kendaraan dari Mitsubishi menjadi Rp 3 juta. Kenaikan harga akan dilakukan mulai Juni.

"Kami dari MMKSI telah berjuang sekuat tenaga untuk tidak menaikkan harga bulan ini. Namun, efek global ini cukup besar dan juga mempengaruhi pasar Indonesia dan juga memperkuat nilai tukar rupiah. Oleh karena itu, kami berencana untuk melakukan penyesuaian harga bulan depan , "kata Kepala Grup Penjualan & Pemasaran MMKSI, Imam Choeru Cahya saat berbincang dengan media melalui video teleconferencing, beberapa waktu lalu.

Pada bulan Juni, kendaraan dari Mitsubishi yang akan dipengaruhi oleh kenaikan harga seperti model dari kendaraan komersial L300, Triton dan kendaraan baru dari Mitsubishi Xpander. "Peningkatan yang kami berikan juga mempertimbangkan aspek kemampuan orang Indonesia, kami akan menaikkan harga sekitar Rp. 1 juta untuk L300 dan 2 menjadi Rp. 3 juta untuk Xpander yang menyesuaikan varian," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Divisi Penjualan & Pemasaran MMKSI, Irwan Kuncoro menjelaskan bahwa kenaikan harga suatu merek terkadang diperlukan untuk mempertimbangkan aspek-aspek lain. Seperti melemahnya nilai tukar rupiah dan juga biaya produksi.

"Memang, pada beberapa kesempatan penyesuaian harga memang harus dilakukan, walaupun tidak harus setiap tahun. Faktor kenaikan kendaraan biasanya disebabkan oleh biaya produksi akibat inflasi, atau karena penyesuaian nilai tukar yang biasanya memang memang harus disesuaikan dengan harga, "jelasnya.

Untuk kendaraan penumpang, PT MMKSI di Indonesia memasarkan model termasuk, Pajero Sport, Eclipse Cross, Outlander Sport, Xpander, Xpander Cross, dan Outlander PHEV. Untuk kendaraan komersial, PT MMKSI memiliki Mitsubishi Trinton dan juga L300.

sumber: Antara