Xpander masih mendominasi penjualan Mitsubishi di Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Mitsubishi Xpander masih mendominasi penjualan produk Mitsubishi. Dalam 18 bulan terakhir hingga Maret 2019, jenis kendaraan Multi Purpose Vehicle // (MPV) ini telah mencatat penjualan ritel 100.000 unit.

Pada kuartal pertama 2019, ini, Mitsubishi XPANDER juga mendominasi 31,4 persen dari segmen MPV kecil secara eceran dengan total penjualan 17,902 unit. Kehadiran Mitsubishi Flagship MPV Model Kecil ini memberikan kontribusi signifikan terhadap angka penjualan PT MMKSI pada awal 2019. Secara umum, Mitsubishi Xpander juga meningkatkan volume dan kontribusi segmen low-MPV.

"Kuartal pertama, produk Mitsubishi Xpander, Pajero Sport, Triton, dan L300 berhasil mendominasi segmen dari Januari hingga Maret 2019," kata Direktur Divisi Penjualan dan Pemasaran PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Irwan Kuncoro, dalam pernyataan tertulisnya, terkait prestasi pada kuartal pertama 2019.

Di pasar kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV), Mitsubishi Pajero Sport memimpin pasar di kelas ini. Penjualan 45,7 persen dicatat selama kuartal pertama 2019. Hal yang sama juga berlaku untuk segmen menengah SUV 4×4 secara ritel. Mobil ini memimpin pasar dengan penjualan 471 unit sepanjang Januari hingga Maret 2019.

Penjualan kendaraan komersial ringan Mitsubishi dari dealer ke konsumen pada periode Januari hingga Maret 2019 tercatat 10.537 unit. Prestasi ini mendapat kontribusi terbesar dari segmen pick-up kelas kecil 4×2, model L300, yang tetap menjadi pemimpin pasar di kelasnya.

Selain penjualan, sebagai bentuk kepedulian di sektor pendidikan, PT MMKSI baru-baru ini menyumbangkan sembilan kendaraan untuk tujuh Sekolah Kejuruan (SMK) di Indonesia dan dua Lembaga Pelatihan Kerja di Jakarta dan Bandung.

"Pendidikan sangat penting untuk masa depan dan merupakan senjata yang dapat memberikan perubahan bagi dunia. Tentu saja pendidikan dan karakter yang berkualitas," kata Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, sembari memberikan bantuan.

Sejak pertama kali diterapkan pada tahun 2014, Mitsubishi Motors Indonesia telah berkolaborasi dengan 33 SMK di seluruh Indonesia dengan menyumbangkan 29 kendaraan Mitsubishi dan pelatihan kepada 495 siswa SMK.