Kapasitas produksi ditingkatkan dari 115 ribu menjadi 160 ribu unit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Mitsubishi Indonesia akan meningkatkan kapasitas produksi MPV Xpander menjadi 160 ribu unit pada 2020. Tambahan produksi untuk memenuhi permintaan pasar ritel dan armada terus meningkat.

"Untuk kapasitas produksi di masa depan, untuk memenuhi armada dan ritel, MMKI (Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia) memiliki rencana untuk meningkatkan kapasitas produksi … Saat ini (kapasitas produksi) 115 ribu unit per tahun meningkat 160 ribu unit per tahun pada 2020 , "kata Presiden Direktur PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura pada konferensi pers di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu (16/1).

Naoya mengatakan peningkatan kapasitas produksi diharapkan untuk memasok untuk memenuhi permintaan pasar ritel dan armada dapat berjalan dengan baik.

Sebelumnya pada pertengahan Agustus 2018, PT. MMKSI telah memutuskan untuk meningkatkan jumlah produksi Xpander hingga 20 persen. Peningkatan jumlah produksi ini sejalan dengan tingginya permintaan dari pelanggan di kawasan ASEAN.

Awalnya Xpander menghasilkan 100.000 unit pada tahun fiskal 2018. Namun, menanggapi permintaan tinggi meningkat sebesar 20 persen menjadi 120 ribu unit untuk memastikan waktu tunggu yang baik (indent).

Saat ini Xpander diproduksi di fasilitas manufaktur yang sangat modern di Bekasi, Indonesia, dan telah memulai ekspor sejak April tahun lalu.

PT MMKI telah berinvestasi dalam penambahan fasilitas pengelasan dan perakitan untuk meningkatkan jumlah produksi Xpander menjadi 10 ribu unit per bulan. MMKI sebelumnya menargetkan peningkatan kapasitas produksi Xpander, mencapai 150 ribu unit pada tahun fiskal 2019.

Sejak diluncurkan pada tahun 2017, total pesanan Xpander untuk pasar ritel hingga Desember 2018 telah mencapai 115 ribu unit. Ini menunjukkan bahwa model tersebut sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masyarakat negara tersebut.

Selain terus meningkatkan penjualan untuk pasar ritel, MMKSI juga menargetkan penjualan untuk segmen armada. Pada pertengahan Desember 2018, sebanyak 401 unit Xpander resmi menjadi kendaraan operasional anggota awak maskapai Garuda Indonesia.