Jakarta – Nissan membuka 2019 dengan meluncurkan mobil baru. Mobil itu adalah Livina, yang model barunya diluncurkan terakhir pada 2011. Livina telah berubah total dari bentuk ke fitur yang diklaim lebih canggih.

Livina terbaru sekarang menggunakan platform yang sama dengan Mitsubishi Xpander. Ini dimungkinkan karena Mitsubishi bergabung dengan aliansi Nissan-Renault. Livina juga diproduksi di pabrik Mitsubishi di daerah Cikarang bersama saudara kembarnya Xpander.

Agar konsumen tidak menunggu lama, Mitsubishi juga berjanji untuk meningkatkan produksi Xpander-Livina di pabriknya.

"Kapasitas produksi telah meningkat sesuai rencana, untuk memenuhi permintaan pelanggan," jelas Direktur SDM & GA MMKI Prianto menjawab pertanyaan AFP melalui e-mail, Kamis (21/3/2019).

Untuk memenuhi permintaan Xpander dan Livina, Mitsubishi dilaporkan memanfaatkan lini produksi Pajero Sport. Pajero Sport sendiri memang diproduksi dan diimpor secara lokal dari Thailand. Mengutip CNN Indonesia, satu-satunya Pajero Sport yang diimpor dari Thailand adalah tipe Exceed M // T 4×2. Sementara sisanya diproduksi bersama Xpander.

Dengan penambahan produksi Livina dan Xpander, Mitsubishi dikatakan akan kembali mengimpor beberapa varian Pajero Sport dari Thailand.

"Kira-kira pertengahan tahun, ada beberapa jenis," kata Kepala Bidang Penjualan dan Pemasaran PT Mitsubishi Motors Indonesia Yudha Sales Krama (MMKSI), Imam Choeru Cahya beberapa waktu lalu.

Sejak pertama kali diluncurkan, pesanan Xpander memang meningkat pesat. Konsumen yang memesannya juga harus rela menunggu berbulan-bulan hingga mobil bisa diparkir di garasi rumah. Mitsubishi mengklaim bahwa saat ini indentasi Xpander akan tinggal sebulan.

Namun dengan tambahan memproduksi Livina, Mitsubishi bisa kewalahan lagi untuk memenuhi permintaan konsumen. (kering / ddn)