Kabar itu muncul bahwa Avanza akan muncul dengan wajah baru tahun depan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Mitsubishi mengatakan bahwa Toyota Avanza bukan pesaing berat untuk Xpander tahun depan. Hal ini dikemukakan oleh Direktur Utama PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura ketika disebutkan tentang berita kehadiran Avanza baru pada 2019.

"Saya juga tahu ada Avanza baru dan hanya facelift yang akan muncul pada 2019. Meskipun banyak yang mengatakan ini adalah kompetisi yang sangat sulit, saya tidak berpikir itu seperti itu," kata Nakamura di sela-sela Xpander. Acara Ton of Real Happiness, Bandung, beberapa waktu lalu.

Rumor tentang kehadiran Avanza baru tidak membuat Mitsubishi gentar. Nakamura yakin Xpander akan mampu mengungguli Avanza di segmen low-competition MPV (Multi Purpose Vehicle) tahun depan, dengan sejumlah keunggulan yang dimilikinya.

"Karena drive train dari Xpander lebih baik daripada Avanza, maka keamanannya lebih baik dan tentu saja interior dan fungsionalitas fitur-fitur di Xpander jauh lebih baik daripada Avanza, itu adalah diferensiasi pasar antara Avanza dan Xpander," katanya.

Nakamura lebih lanjut mengatakan bahwa dia juga berencana untuk meningkatkan fitur yang tersedia di Xpander. Namun, ia masih enggan membocorkan fitur-fitur baru yang akan disematkan. "Sekarang sedang dipelajari lebih lanjut," katanya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Kepala Dales & Marketing Region 1 PT MMKSI, Budi Dermawan Daulay mengatakan bahwa hingga saat ini konsumen masih cukup puas dengan fitur yang tersedia untuk Xpander. Dia juga menyebutkan sejumlah fitur yang menarik perhatian konsumen, termasuk bantuan hill start, tombol start / stop dan kontrol stabilitas aktif.

Meski begitu, kata dia, pihaknya akan terus meningkatkan sejumlah fitur untuk memenuhi dan memuaskan pelanggan setia Mitsubishi. "Jadi tunggu saja tanggalnya," kata Budi.

Xpander orders di Indonesia, sejak diluncurkan pada Agustus 2017 hingga November 2018 mencapai 115 ribu unit, dengan 85 ribu unit didistribusikan ke pembeli.

Sementara itu, berita tentang kehadiran Avanza generasi terbaru sudah santer terdengar. Baru-baru ini, citra yang menunjukkan "wajah" Avanza baru sedang beredar di media sosial.

General Manager & Marketing General PT Toyota Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto, mengatakan beberapa waktu lalu memang ada sejumlah perkembangan untuk semua model, termasuk Avanza.

"Ada sejumlah gambar yang diberikan, memang ada beberapa teman yang membuat render mereka, kemudian ada beberapa yang dipenuhi oleh desainer kami yang kami pertimbangkan masukan untuk nanti jika ada pengembangan Avanza baru," kata Fransiscus.

"Beberapa kali ketika saya diwawancarai, saya mengatakan bahwa semua produk kami sedang dikembangkan, jangan lupa Avanza, Rush, yang baru saja diluncurkan tahun ini, dan kami sedang mengembangkannya. Jadi jangan kaget jika ada Avanza atau Rush baru, "tambahnya.