Jakarta – Sejak kehadiran perdananya di GIIAS 2017, Mitsubishi Xpander telah menjadi daya tarik tersendiri di kalangan konsumen mobil segmen MPV.

Minat konsumen terhadap Xpander dapat dilihat dari data penjualan mobil ini. Pada 2018 terakhir, Xpander telah melampaui penjualan satu juta orang, Toyota Avanza dalam beberapa bulan.

Meskipun telah mengganggu penjualan Avanza beberapa kali, Toyota Astra Motor menganggap Xpander tidak mampu mengalahkan penjualan Avanza.

"Ya memang kita belum dikalahkan oleh Xpander. Mitsubishi mengatakan bahwa Xpander itu sukses, jika kita dari Toyota melihat Xpander tidak berhasil," kata General Manager Eksekutif PT Toyota Astra Motor Franciscus Soerjopranoto, di Jakarta, Rabu (13/13) 2019).

Menurut pria yang akrab disapa Soerjo itu, Mitsubishi belum bisa menyamai jumlah partai besar Avanza maksimum dalam satu bulan.

"Alasannya adalah bahwa jumlah partai besar maksimum masih dipegang oleh Avanza, dengan 21.000 unit. Pesaing nyata kedua adalah di Suzuki, Ertiga sama dengan Mobilio. Itu telah terjual 10.000 dan 11.000 unit pada 2013, 2014. Dia (Xpander) sama dengan Xenia, 7.000 level seperti itu. Jadi tidak bisa dikatakan mengalahkan Avanza, "kata Soerjo. (lua / lth)