Jakarta –

Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengeluarkan peraturan bahwa mobil baru harus dilengkapi Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Peraturan ini sudah diterbitkan sejak awal tahun 2020, lalu kapan diberlakukan?

"Januari tahun depan," kata Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi saat dikonfirmasi detik.com, Selasa (6/10/2020).

Kementerian Perhubungan menetapkan peraturan baru pada tanggal 18 Januari 2020 sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor: KP.972 / AJ.502 / DRJD / 2020. Mobil baru yang wajib menggunakan APAR dijelaskan dalam Pasal 2 Ayat 2:

"Kendaraan bermotor untuk kategori M1, N1, N2, N3, O1, 02, 03, dan 04 untuk mobil penumpang, mobil kargo untuk mobil penumpang, dan mobil barang harus dilengkapi dengan fasilitas tanggap darurat berupa alat pemadam api ringan," kata artikel itu. .

Selanjutnya pada ayat 3 bahwa APAR disediakan oleh importir, pabrikan dan / atau perakit kendaraan bermotor.

Perpres ini juga mengatur bahwa bus kategori M2 dan M3 harus dilengkapi lebih banyak fasilitas tanggap darurat yaitu APAR, alat pemecah kaca berupa palu, alat pengendali darurat yang membuka pintu utama, dan akses keluar darurat berupa jendela dan atau pintu.

Berbicara tentang penggunaan APAR, alat ini terutama untuk mencegah kebakaran yang meluas.

Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, menyarankan pemilik mobil untuk membawa APAR. Jadi, bila sewaktu-waktu mobilnya terbakar, pemiliknya bisa mengantisipasi mati lampu sebelum datang bantuan dari petugas pemadam kebakaran.

“Siap punya APAR di dalam kendaraan. Hampir dipastikan belum ada yang menyiapkannya di dalam mobil. Orang kita lebih penting memodifikasi (kenyamanan) daripada menyiapkan APAR (pengaman). Tanpa APAR saat kebakaran, kita hanya penonton mengawasi aset terbakar habis terbakar. Mulai sekarang siapkan apar di dalam mobil sebagai alat pencegah kebakaran tambahan, ”kata Sonny beberapa waktu lalu.

Tonton Video "Kisah Seorang Pengusaha Muda Memiliki Mobil Bekas Presiden Soeharto"
[Gambas:Video 20detik]
(riar / din)