Tren tipe mobil yang diminati orang sama dengan tahun lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Mobil bekas (mobkas) tipe MPV (Multi Purpose Vehicle) menjadi mobil paling populer di Indonesia pada tahun 2018. Penemuan ini didasarkan pada data penjualan yang dikeluarkan oleh dealer Mobil88 pada periode Januari hingga awal Desember 2018.

"Mobil yang dicari masih tren yang sama seperti tahun lalu," kata Direktur Utama Mobil88 Halomoan Fischer Lumbantoruan di Jakarta, Selasa (18/12).

Penjualan tipe MPV tahun ini mencapai 45 persen, diikuti oleh 27 persen tipe city car, dan SUV (Sport Utility Vehicle) yang meraih 15 persen penjualan. Sedangkan sisanya 13 persen diisi oleh sedan dan jenis mobil lainnya.

Pria yang biasa dipanggil Fischer menjelaskan bahwa penjualan masih didominasi oleh mobil dengan harga mulai dari Rp. 100 juta hingga Rp. 200 juta. Kota-kota dengan penjualan tertinggi masih didominasi oleh kota-kota besar, termasuk Jakarta, Bandung dan Surabaya.

Secara keseluruhan, selama periode Januari hingga awal Desember 2018, Mobil88 telah menjual lebih dari 21 ribu unit mobil bekas, meningkat lima persen dibandingkan 2017 dengan penjualan sekitar 20 ribu unit.