BMW Seri 5 akan menggunakan kunci mobil digital bekerja sama dengan iPhone.

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA – Saat ini, pengendara telah dimanjakan oleh sistem masuk tanpa kunci yang memungkinkan pengemudi membuka dan menutup kunci pintu mobil tanpa menekan remote. Namun, Apple sepertinya ingin berperan untuk mempermudah bagi pengendara.

Dilansir dari Car and Driver, Selasa (23/6), Apple saat ini sedang mengembangkan kunci mobil digital berdasarkan fitur nirkabel di iPhone. Pada tahap awal, terobosan ini juga dilakukan bekerja sama dengan BMW.

Rencananya, fitur di BMW 5 Series 2021 akan diluncurkan bulan depan dan tertanam di iOS 13. Setelah itu, fitur kunci mobil digital ini juga akan tertanam di iOS 14 dan dapat diterapkan di jajaran mobil lain.

Fitur ini sendiri berfungsi melalui aplikasi yang menghubungkan iPhone dan perangkat lunak di dalam mobil. Dengan fitur ini, pengemudi dapat membuka kunci pintu dan memulai mobil yang dipersenjatai hanya dengan iPhone.

Tidak hanya itu, driver juga dapat berbagi kunci dengan lima orang melalui teks unik di iMessage. Akses untuk setiap pengguna juga dapat dibatasi sehingga pengguna tertentu hanya dapat mengemudi pada kecepatan maksimum yang diizinkan oleh pengemudi yang memiliki otoritas penuh atas kendaraan.

Saat ini, fitur kunci mobil digital dikembangkan dengan teknologi komunikasi jarak dekat (NFC). Kini, dalam pengembangan fitur ini, BMW juga telah mengambil langkah-langkah untuk mengantisipasi ketika pengendara iPhone mati karena kehabisan baterai.

Sebab, BMW telah mengantisipasi ini melalui fitur cadangan daya yang membuat iPhone mati masih bisa berfungsi sebagai kunci dalam durasi lima jam.

Mengenai keamanan, Apple menjamin bahwa fitur ini juga mempertimbangkan aspek keamanan, terutama jika ada kerugian pada pengendara iPhone. Berkat konektivitas dengan iCloud, fungsi kunci mobil digital ini dapat segera dinonaktifkan melalui iCloud untuk menghindari penyalahgunaan akses mobil.