Jaguar XK120 pertama kali diungkap ke publik di London Motor Show pada tahun 1948, dan menciptakan kembali dunia mobil sport dengan menyediakan mobil dengan lekukan yang elegan, sasis yang fantastis, dan harga yang luar biasa. Ini menjadi mobil produksi tercepat pada saat peluncuran, dan hanya disaingi oleh Ferrari V12 yang harganya 4 kali lipat.

Ini terbukti menjadi kombinasi yang tidak ada duanya, dan menjadi tonggak bagi Jaguar sembari menghidupkan industri motor dengan banyak gembar-gembor setelah perang. Menariknya, XK120 hanya benar-benar dirancang sebagai tempat tidur pengujian untuk memamerkan mesin XK, tetapi dengan pesanan yang membanjir di Jaguar tidak membuang waktu dan membuat mobil menjadi produksi penuh. Beberapa versi pernah dirilis, dengan versi Roadster menjadi hit di antara bintang-bintang Hollywood seperti Clark Gable. Ini masih desain klasik hari ini, dan pada tahun 1999 mobil ditampilkan di box office hit Cruel Intentions, didorong oleh Ryan Phillippe & Reese Witherspoon.

XK120 adalah kreasi Sir William Lyons, alias "Mr. Jaguar", dan ditenagai oleh pembangkit listrik 3442cc yang dijuluki mesin XK, menghasilkan 160bhp, dan XK120 dinamakan demikian sebagai kecepatan puncaknya mencapai 120mph. Seperti yang diharapkan itu sukses di trek dan didorong oleh beberapa legenda olahraga motor terbesar seperti Stirling Moss dan Ian Appleyard, dan membantu Jaguar memenangkan gelar Le Mans pada beberapa kesempatan.

Masih ada jumlah besar yang beredar saat ini, terlihat seperti ketika mereka pertama kali keluar dari jalur produksi berkat menjadi favorit di antara penggemar mobil klasik dan dengan penuh cinta dipulihkan. Jika Anda tertarik untuk membeli satu, berharap untuk membayar lebih dari £ 70000 untuk contoh utama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here