Tokyo / Paris / Wolfsburg – Pembuat mobil Jerman Volkswagen mempertahankan mahkota penjualan mobil paling banyak di dunia pada tahun 2018. Mobil People & # 39; mampu mengalahkan pesaing berat seperti aliansi Nissan-Renault-Mitsubishi dan Toyota Group.

Sepanjang 2018, VW menjual 10,8 juta kendaraan. Angka itu naik 0,9 persen dibandingkan tahun sebelumnya. VW tampaknya mulai pulih dari skandal dieselgate yang memengaruhi citra VW di mata konsumen.

Mobil VW yang laris adalah model SUV (Sport Utility Vehicle). Merek-merek di bawah naungan VW seperti Skoda, Seat, Porsche dan Lamborghini bahkan mencatat rekor penjualan.

"Meskipun menetapkan rekor baru bukan tujuan utama, kami senang dengan hasil ini. Terutama di babak kedua, yang sangat sulit bagi kami," kata Kepala Penjualan VW Christian Dahlheim.

Sementara aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi berada di posisi kedua dengan angka penjualan tipis. Aliansi ini menjual 10,76 juta kendaraan di seluruh dunia. Mobil-mobil buatan yang sukses di pasaran adalah Renault Clio, Captur dan Sandero, Nissan X-Trail / Rogue, Nissan Sentra / Sylphy dan Mitsubishi Eclipse Cross dan Xpander.

Sementara Toyota harus puas lagi di tempat ketiga dengan angka penjualan mencapai 10,594 juta unit. Toyota tidak dapat memperbaiki posisinya meskipun penjualan keseluruhan mereka naik 2 persen tahun lalu.

Bagaimana dengan raksasa mobil lain seperti GM? GM pernah menjual 10 juta kendaraan pada tahun 2016, tetapi mereka kemudian mengalami penurunan penjualan setahun sebelumnya. GM baru saja merilis angka penjualan pada 2018 di minggu depan, tetapi mereka sebelumnya memperkirakan akan menjual 8,4 juta kendaraan.

Sebagai perbandingan, pada 2017, Volkswagen menjual 10,74 juta mobil di seluruh dunia sementara Renault-Nissan-Mitsubishi mencatat penjualan 10,61 juta mobil, sementara Toyota menjual 10,386 juta mobil. (ddn / ddn)