Sebelumnya, pelumas mobil diproduksi di Singapura.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – ExxonMobil sekarang memproduksi pelumas di Indonesia. ExxonMobil telah mengakuisisi PT Federal Karyatama (FKT) yang merupakan pemegang hak yang memproduksi pelumas Federal Oil. Sekarang, perusahaan juga telah secara resmi memproduksi pelumas dari merek Mobil yang hak pemasarannya dipegang oleh PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (ExxonMobil Lubricants).

Sebelumnya, pelumas Mobil diproduksi di pabrik ExxonMobil yang berlokasi di Jurong, Singapura. Kepala Pasar Pelumas Indonesia ExxonMobil, Patrick Adhiatmadja mengatakan, untuk tahap awal, salah satu produk yang mulai diproduksi adalah Super Moto Car, pelumas yang ditujukan untuk sepeda motor.

"Ini adalah produksi pertama ExxonMobil yang diproduksi di Indonesia. Untuk dapat mencapai tahap produksi, kami telah melalui serangkaian tahapan dan proses yang cukup lama. Mulai dari menyesuaikan proses, keamanan dan prosedur sesuai dengan standarisasi ExxonMobil , "Kata Patrick dalam pernyataan pers kepada Republika.co.id, Selasa (25/2).

Produksi seremonial pelumas Mobil yang ditandai dengan penuangan pertama dilakukan pada 12 Februari 2020 di pabrik FKT yang berlokasi di Kawasan Industri Cilegon, Banten.

Dia mengatakan ini adalah momen penting dan bersejarah bagi ExxonMobilLubricants, karena untuk pertama kalinya dapat memproduksi produknya di Indonesia. Selain itu ini juga bertujuan untuk memaksimalkan pemasaran, dan penyebaran pelumas Mobil. Sehingga pelumas mobil bisa dengan mudah didapat di bengkel motor di tanah air.

Patrick menambahkan, pelumas Super Moto Car memiliki target untuk pengguna sepeda motor yang memiliki jiwa petualang, artistik, dan pemimpin. Karena pelumas Mobil Super Moto adalah produk pelumas yang dapat melindungi dan meningkatkan kinerja mesin dengan baik, tetapi juga cocok untuk karakter mesin sepeda motor yang digunakan di Indonesia.

General Brand Mobil Brand, Andhina Sofiarman mengatakan, dengan dimulainya produksi pelumas Mobil Super Moto ™ di Indonesia, diharapkan dapat meningkatkan dan memfasilitasi penjualan pelumas pelumas Indonesia.

"Bagi kami ini adalah tonggak sejarah untuk Pelumas ExxonMobil, karena ini adalah pertama kalinya pelumas Mobil ™ mulai diproduksi di Indonesia, yang tentunya juga akan dipasarkan di Indonesia sehingga akan menambah opsi bagi pengendara yang menginginkan pelumas berkualitas dan harga yang kompetitif, "kata Andhina.