Moskow – Presiden Rusia Vladimir Putin sudah memiliki mobil kepresidenan baru yang disebut Senat Aurus. Mobil itu membuat bos Mercedes-Benz kagum.

Ini terjadi ketika Putin meresmikan pabrik Mercy baru di daerah dekat Moskow, Rusia. Putin datang mengendarai limusinnya yang keren. Setelah keluar dari mobilnya, ia disambut oleh beberapa pejabat Mercy, salah satunya adalah bos Dieter Zetsche, Daimler.

Salah satu bos Jerman memberi tahu Putin bahwa ia memiliki mobil yang indah.

Putin lalu menjawab dalam bahasa Jerman. "Ja, sehr schon (ya, sangat cantik)," kata Putin seperti dilansir RT, Sabtu (13/4/2019).

Senat Aurus dikembangkan oleh Lembaga Riset Ilmiah Pusat Otomotif dan Mesin Otomotif (NAMI) di Moskow dan mulai diperkenalkan kepada publik Rusia pada bulan September 2018.

Mobil ini diperkuat dengan mesin V8 4,4 liter yang dapat menghasilkan tenaga hingga 598 tenaga kuda. Selain ditenagai, mobil ini juga dilengkapi bahan anti peluru. Mesin ini dipasok oleh Porsche.

Porsche menyediakan salah satu dari dua mesin yang tersedia untuk proyek mobil resmi Vladimir Putin, Kortezh. Mesin ini kabarnya mesin V8 4,6 liter turbocharged yang menghasilkan tenaga hingga 600 hp dan torsi 650 ft-lb. Mesin kedua disediakan oleh NAMI yang lebih besar yaitu 6,6 liter untuk menghasilkan tenaga hingga 860 tenaga kuda dan torsi torsi 737 ft-lb.

Selain Porsche, NAMI juga bekerja sama dengan Bosch untuk mengembangkan kendaraan lain selain limusin untuk Putin. Proyek Kortezh tidak hanya untuk membuat limusin Putin tetapi juga untuk model mobil lain untuk pejabat pemerintah.

[Gambas:Youtube]

(ddn / ddn)