Jakarta –

Kebanyakan orang yang ingin memiliki rasa tenang dalam memiliki kendaraan memilih untuk menggunakan asuransi. Segala hal buruk tak terduga yang merusak mobil yang menyebabkan kerugian dapat ditanggung oleh asuransi.

Tetapi ada satu hal yang mungkin tanpa Anda ketahui menyebabkan asuransi berakhir. Ini bukan hal baru di Indonesia. Mobil pribadi dapat digunakan sebagai taksi online. Ternyata konversi ini menyebabkan asuransi mobil pribadi Anda berakhir.

Bukan berarti Anda tidak dapat menggunakan mobil pribadi sebagai taksi online tanpa asuransi. Hal pertama yang harus dilakukan jika mobil pribadi diasuransikan dan menjadi taksi online adalah memberi tahu asuransi.

"Perubahan untuk menggunakan harus info. Jika tidak diinformasikan, jika ada sesuatu yang tidak dapat Anda klaim. Intinya adalah bahwa tertanggung harus memberikan informasi dari awal penggunaan mobilnya," kata Senior VP Komunikasi dan Manajemen Layanan Garda Oto , Laurentius Iwan Pranoto, ketika dihubungi oleh AFP pada hari Sabtu. (19/6/2020).

Jika demikian, dikabarkan akan melanjutkan asuransi maka akan diarahkan untuk menggunakan asuransi kendaraan komersial. Meskipun tetap milik pribadi, penggunaan dan fungsinya telah berubah. Taksi online memiliki risiko lebih tinggi karena frekuensi penggunaannya juga lebih tinggi daripada penggunaan pribadi.

"Penggunaannya berbeda. Jika komersial dipantulkan, itu menjadi angkot, transfer ke sekolah, taksi online. Tarif berbeda karena risiko yang berbeda, sehingga mereka diinformasikan ketika mereka ingin ditanggung," kata Iwan.

Mengacu pada Kebijakan Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) pasal 4 tentang definisi yang membedakan penggunaan mobil pribadi dari penggunaan mobil komersial, yaitu:

"12. Penggunaan Pribadi adalah penggunaan Kendaraan Bermotor untuk kepentingan transportasi pribadi pengguna kendaraan."

"13. Penggunaan Komersial adalah penggunaan Kendaraan Bermotor tersebut untuk disewa atau untuk menerima kompensasi."

PSAKBI juga dijelaskan dalam pasal 8 tentang perubahan risiko. Ada dua pilihan yang bisa diambil setelah pelaporan. Pertama, teruskan asuransi dengan tingkat risiko yang lebih tinggi atau hentikan dengan mengembalikan premi sesuai dengan pasal 27 ayat (2) dalam polis ini.

Lihat video "Ketika 4 Gadis Durjana Membunuh Sopir Taksi Online di Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(rip / din)