Jakarta –

Elon Musk menerbangkan Tesla Roadster generasi pertama ke luar angkasa. Setelah terbang dua tahun lalu, kali ini Tesla Roadster sedang mendekati Mars.

Berdasarkan tweet SpaceX, Roadster dan Starman – penumpang prototipe baju antariksa SpaceX melakukan pendekatan ke Mars pada 8 Oktober 2020. Namun, Tesla Roadster tidak persis dekat dengan Mars.

Dilansir Carscoops, Tesla Roadster dan Planet Merah berada dalam jarak 0,05 unit astronomi atau kurang dari 5 juta mil. Saat ini, Starman lebih dekat ke Mars daripada Bumi. Kabarnya, jaraknya hampir 37 juta mil dari Bumi.

Situs web bernama & # 39; Di mana Roadster? & # 39; yang dioperasikan oleh programmer Ben Pearson untuk melacak posisi langsung Starman. Dari situs tersebut, terungkap bahwa mobil tersebut berada 129 juta mil dari Matahari dan melaju ke arahnya dengan kecepatan 13.637 mil per jam atau 21.947 km / jam.

Foto Starman Tesla Roadster: YouTube

Sebelumnya, Elon Musk meluncurkan Tesla ke luar angkasa dengan roket Falcon Heavy dari SpaceX pada 6 Februari 2018. Saat itu, mobil tersebut berhasil diluncurkan ke luar angkasa menyusul suksesnya uji peluncuran Falcon Heavy, roket terkuat.

Roadster dan Starman menjelajahi ruang angkasa dari berhenti di orbit Mars hingga ke sabuk asteroid. Starman sendiri bukanlah astronot sungguhan, melainkan dummy yang berpenampilan seperti astronot.

Musk kemudian bersaksi bahwa bagian atas Falcon Heavy berhasil melakukan pembakaran ketiga, yang merupakan fase terakhirnya. Hal ini menjadikan Tesla Roadster dan Star Man yang mereka bawa dengan sukses melintasi sabuk Van Allen sebagai rintangan terakhir untuk berlayar lebih jauh ke angkasa.

Foto Starman Tesla Roadster: YouTube

Tesla Roadster sendiri merupakan mobil listrik yang sangat cepat. Ia dapat berakselerasi dari diam hingga 100 km per jam dalam waktu kurang dari 2 detik.

Tonton Video "Saham Tesla Melonjak, Elon Musk Menjadi Orang Terkaya Keempat Di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr / din)