Jakarta –

Kantuk adalah salah satu musuh terburuk pengemudi kendaraan. Kecelakaan yang terjadi di Pintu Tol Cibubur 1 ini membuktikan betapa berbahayanya mengemudi dalam kondisi mengantuk.

Kecelakaan yang terletak tepat di gerbang tol itu terjadi pada Rabu (9/9) pagi tadi. Sebuah Honda Jazz meluncur hanya beberapa meter sebelum mesin pembayaran otomatis.

Dalam keterangannya kepada detikcom, Kepala Pelaksana Utama Turangga 04 Jagorawi, Kompol Fitriasa Kamila, mengatakan, kecelakaan itu terjadi pada pukul 08.15 WIB. Diduga pengemudi sedang mengantuk.

Hal itu membuat pengemudi kehilangan konsentrasi dan membentur tiang batas ketinggian gerbang tol. Pilar yang ditabrak terlihat bengkok, sedangkan Honda Jazz tergeletak tidak jauh dengan keempat roda menghadap ke atas.

“Jumlah korban dua orang. Pengemudi (LR), Bebe Anastasya (20). Posisi akhir kendaraan terbalik, keempat rodanya menghadap ke timur,” kata Fitriasa.

Kantuk memang menjadi musuh besar para pengendara kendaraan. Instruktur dan pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan rasa kantuk mengurangi kemampuan kita untuk merespon berbagai hal.

“Klasik banget, kalau sudah ada tanda-tanda capek atau capek atau ngantuk langsung cari tempat istirahat. Atau, tunda perjalanan kalau belum memulai perjalanan. Tertunda atau ganti moda transportasi, atau ada yang menyuruh orang lain untuk membawanya. Mengemudi kalau capek, ”kata Jusri beberapa waktu lalu.

Sementara itu, praktisi kesehatan tidur dari RS Mitra Keluarga Kemayoran, Dr. Andreas Prasadja, RSPGT mengatakan bahwa tidur tidak bisa digantikan dengan hal lain. Ini termasuk mengkonsumsi minuman energi atau jenis makanan lainnya.

“Kita harus memprioritaskan kesehatan tidur kita, jangan hanya minum vitamin, konsumsi penambah energi, kafein itu tidak. Jadi persiapan diri kita sendiri adalah mempersiapkan tidur yang sehat,” ujarnya seperti dikutip oleh detikHelth.

Tonton Video "Segera Hadir Penghubung Jalan Baru di Aceh"
[Gambas:Video 20detik]
(din / rgr)