Jakarta –

Mobil yang diparkir terlalu lama di rumah rentan berubah menjadi sarang tikus. Karena itu, pemilik kendaraan wajib menjaga kebersihan mobil, meski mobil lama tidak digunakan.

Tikus selalu hadir di lingkungan apa pun, bahkan di tempat yang diyakini cukup bersih. Hewan pengerat ini umumnya mengais sisa makanan di tempat sampah. Tapi jangan dianggap sepele, tikus juga bisa & lompat & # 39; ke dalam kendaraan jika Anda merasa bahwa tempat itu nyaman baginya.

"Selama akses ke parkir rumah kita mudah, ia berpotensi menjadi mobil target untuk tikus," kata Kepala Kelompok Purna Jual & Operasi CS Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Boediarto, secara online diskusi dengan media, Kamis (14/5) / 2020).

Menurut Budi, tikus dapat mencapai beberapa area hangat di dalam mobil, seperti di bawah mobil hingga ruang mesin. Mereka biasanya akan membangun sarang di lokasi-lokasi ini.

"Selain tempat yang hangat, sisa makanan juga bisa menjadi daya tarik bagi tikus. Karena indera penciuman tikus cukup tajam. Jadi meskipun sisa makanan atau minuman terletak di dalam kabin, masih bisa membawa tikus , "Budi melanjutkan.

Tikus yang bersarang di dalam mobil dapat menyebabkan kerusakan, karena mereka biasanya akan menggigit kabel yang terletak di ruang mesin. Contohnya seperti kabel lampu, kabel sensor, kabel mesin pengapian, hingga kabel komponen listrik.

Selain merusak komponen kabel, komponen lain yang berpotensi dirusak adalah komponen yang terbuat dari plastik atau karet. Contohnya seperti rumah sekering dan selang kecil.

Nah, untuk mencegah mobil menjadi sarang tikus, Budi menyarankan agar mobil dibersihkan secara menyeluruh sebelum disimpan untuk waktu yang lama.

"Pencegahannya cukup mudah, yang penting adalah mobil dicuci bersih sebelum diparkir untuk waktu yang lama. Dan juga bisa diberikan semprotan anti-tikus atau anti-tikus di ruang mesin dan di bawah mobil. Don & # 39; "Aku suka bau kapur barus," saran Budi.

Lihat video "Penampakan Truk Listrik Mitsubishi di GIICOMVEC 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(lua / din)