Ford Motors adalah salah satu nama terkemuka di industri otomotif Amerika. Beberapa orang mungkin berpendapat bahwa Ford Motors adalah nama utama dalam industri ini. Tentu saja, reputasi perusahaan untuk kendaraan berkualitas tinggi dan berkinerja tinggi dekat dengan legenda. Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa model Ford SUV mencerminkan reputasi itu. Dedikasi perusahaan untuk keunggulan adalah warisan yang secara konsisten dipelihara mulai dari hari pertama, dari Ford Model-T, hingga SUV Ford, mobil sport, van, dan model mobil jalanan terbaru. Boleh dibilang, beberapa karya terbaik perusahaan muncul di marques SUV mereka: Ford Expedition, Ford Escape, dan Ford Edge.

Garis SUV Ford utama, bisa dibilang, adalah Ford Expedition yang terkenal. Dengan mudah salah satu SUV yang dirancang terbaik, Ekspedisinya juga merupakan salah satu mobil terlaris Ford Motors hingga saat ini. Dengan 300 tenaga kuda, mesin 3-katup, dengan mudah mengalahkan model yang sebanding dari saingan perusahaan. Sistem penggerak roda belakang juga memberikan fleksibilitas mengemudi tambahan dalam kondisi kering dan di atas medan kasar, sesuai dengan gagasan bahwa SUV digunakan untuk mengemudi di luar ruangan. Mampu pas hingga delapan orang dengan nyaman, pengorbanan ruang interior untuk konfigurasi penggerak roda belakang tidak jelas terasa dalam Ekspedisi. Mungkin satu-satunya keuntungan yang dimiliki pesaing Ekspedisi adalah kenyataan bahwa Ekspedisi memiliki harga yang lebih tinggi. Meskipun, orang dapat berargumen bahwa harga Ford Expedition yang lebih tinggi diimbangi oleh mesin yang superior dan konfigurasi drive.

Menindaklanjuti Ekspedisinya adalah Ford Escape – contoh lain dari model Ford SUV yang memiliki kualitas yang sangat baik dan memiliki desain yang menyandang pengguna akhir dalam pikiran. The Escape biasanya dilengkapi dengan mesin V6 200 tenaga kuda, meskipun beberapa varian telah diketahui menggunakan mesin I4 153 tenaga kuda sebagai gantinya. Sejak diperkenalkan pada tahun 2001, Escape secara konsisten telah diberikan konfigurasi all-wheel drive, yang memberikan kontrol traksi yang lebih baik bagi mereka yang memiliki belokan kecepatan tinggi yang ketat. Konfigurasi ini juga memberikan stabilitas yang lebih baik pada kecepatan tinggi di atas medan kasar, membuat konfigurasi ideal untuk kompetisi seperti Le Mans 24 atau Indy 500. Sementara kemungkinan melihat stock Ford Escape dalam balapan seperti yang disebutkan di atas belum menjadi diantisipasi, itu tidak mengambil dari kemampuan mobil untuk menangani beberapa medan terberat SUV yang pernah bisa dilalui.

Akhirnya, ada penambahan terbaru ke garis Ford SUV, Ford Edge. Edge dilengkapi dengan mesin Duratec 35 baru, yang memungkinkan SUV untuk mencapai maksimum 265 daya kuda; meskipun, ada varietas yang diperkirakan mencapai hingga 300 tenaga kuda setelah fitur tertentu, seperti injeksi bahan bakar langsung, ditambahkan ke dalam desain. Edge dibuat untuk menjembatani kesenjangan antara van dan SUV tradisional, sehingga Edge menggabungkan elemen desain dari kedua jenis mobil. Model Edge, tidak seperti Ekspedisi dan Escape, menawarkan tingkat fleksibilitas berkaitan dengan konfigurasi drive. Saat ini, Ford Edge dapat berupa all-wheel drive atau front-wheel drive. Meskipun sedikit lebih kecil dari van dan sedikit kurang mampu menangani medan kasar daripada SUV, Ford Edge masih mampu melakukan tugas baik van maupun SUV pada tingkat yang dapat diterima.

Ford Motors jelas belum kehilangan kualitas terkait desain model SUV Ford baru mereka. Tiga yang tercantum di atas, Ekspedisi, Escape, dan Edge, semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing tetapi tanda keunggulan dalam desain dan kualitas dalam produksi tidak dapat dipungkiri. Dengan model Ford SUV seperti yang disebutkan di atas, Ford Motors memiliki keunggulan di atas pabrikan lain.