Tangerang – Dunia modifikasi negara sepertinya terus berkembang. Salah satu buktinya adalah wilayah Tangerang dan sekitarnya yang kini tidak lagi berorientasi ke DKI Jakarta.

Berbicara dengan detikOto, hal itu diakui oleh Erlangga Yudha dari Garuda Auto Society (GAS). Ia mengatakan, kini pecinta modifikasi di Tangerang dan sekitarnya sudah memiliki gaya sendiri.

"Tangerang belum dimodifikasi di masa lalu, terutama untuk mobil. Memang, ketika tolok ukur masih di Jakarta semua. Tapi sekarang mereka tidak melihat Jakarta lagi, mereka sudah memiliki gaya mereka sendiri," katanya di Auto Tune Contest & Charity, Sky House BSD City, Tangerang, Sabtu (9/2/2019).

Akses mudah ke informasi melalui media sosial adalah kunci utama perkembangan ini. Namun memang, masyarakat di Tangerang dan sekitarnya masih tidak sekuat yang ada di Jakarta atau kota-kota besar lainnya seperti Bandung atau Surabaya.

"Bisa dibilang perkembangannya cukup cepat, sekarang anak-anak muda yang bergerak dimodifikasi. Gayanya juga beragam, mulai dari balap, kuda-kuda, dll.," Kata Erlangga.

GAS sendiri adalah forum untuk komunitas modifikasi di Tangerang dan sekitarnya. Mereka juga bertindak sebagai titik tengah jika masyarakat membutuhkan konsultasi mengenai modifikasi kontes dan pengembangan komunitas itu sendiri.

Sekarang tercatat, ada 24 modifikasi komunitas untuk mobil yang tergabung dalam GAS. Namun, jumlahnya masih bertambah hingga sekarang seiring dengan tingginya antusiasme anak muda untuk mewakili kreativitas mereka pada mobil.

"Garuda adalah tempat bagi klub atau komunitas untuk tidak membuat keributan di antara mereka. Kami juga menginformasikan peraturan dan kategori kontes sehingga mereka berpartisipasi dalam pertunjukan. Tetapi untuk klub / komunitas mereka sendiri kami tidak terlalu banyak ikut campur, "Kata Erlangga. (ruk / kering)