Jakarta –

Ada banyak faktor yang bisa memicu kecelakaan saat mengendarai sepeda motor. Salah satu faktor yang cukup sering dilupakan adalah pemilihan motor yang tidak sesuai dengan pemahaman dan kemampuan berkendara.

Masih ada orang di luar sana yang membeli moge sebagai sepeda motor pertama hanya karena ia memiliki lebih banyak uang. Meskipun dia sendiri bahkan tidak secara rutin mengendarai sepeda motor. Pada akhirnya, dalam situasi yang tidak terduga, ia tidak siap menghadapinya, sehingga timbul kecelakaan.

Pakar Keselamatan dan Mengemudi Bertahan, Andry Berlianto merekomendasikan bahwa sebelum menggunakan sepeda motor yang lebih besar, lebih baik memulai dengan sepeda motor yang lebih kecil.

"Orang punya lebih banyak uang tidak mulai dari sepeda motor kecil tetapi langsung ke sepeda motor besar. Itu adalah langkah yang berguna karena kita harus terlebih dahulu memahami kubikasi yang lebih kecil," kata Andry dalam diskusi virtual, Kamis (18/6/2020).

Lebih lanjut, Andry menjelaskan bahwa setiap sepeda motor memiliki karakter sendiri. Apalagi jika ukuran hingga dapur pacu berbeda, akan sangat besar cara mengemudi.

"Kita perlu mengenali tarikan mesin, pengereman, bahkan hingga bobot sepeda motor," lanjutnya.

Dalam kondisi lain, misalnya, Anda dihadapkan dengan mengendarai sepeda motor yang biasanya tidak dikendarai, Andry menyarankan untuk tidak memaksakan. Orang yang hanya menggunakan sepeda motor otomatis kecil mungkin tidak dapat dengan mudah menguasai sepeda motor sport dengan kopling.

"Setiap hari mengendarai Vario lalu tiba-tiba mengendarai sepeda motor Vixion. Dari pindah otomatis ke kopling. Kalau tidak Anda tidak bisa memaksakannya," katanya.

Eksposur ini layak dipertimbangkan. Peristiwa balap kelas dunia seperti MotoGP sendiri memiliki tahapan sebelum berkompetisi dalam kasta tertinggi. Selain menunjukkan prestasi mereka, setiap kelas memiliki sertifikasi sendiri sebagai kualifikasi untuk berpartisipasi.

Lihat video "Video Tabrakan Sepeda Motor Detik dari Menentang Arah di Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(rip / lth)