Jakarta –

Merek sepeda motor Austria KTM telah meluncurkan sepeda motor petualang terbarunya yaitu KTM 390 Adventure. Motor yang sudah dirakit di Gresik, Jawa Timur ini siap dibawa kemana pun pengendara pergi.

KTM 390 Adventure merupakan motor dual purpose yang dapat diandalkan di jalanan aspal dan medan offroad. Untuk diajak berkeliling motor ini cocok.

KTM 390 Adventure baru diluncurkan di Indonesia belum lama ini. detikcom berkesempatan menjajal KTM 390 Adventure, sekilas di jalanan aspal dan medan off road di BSD, Tangerang.

Bagaimana dengan kesan mengendarai KTM 390 Adventure? Mari kita bahas.

1. Desain

Dari segi desain, KTM 390 Adventure sangat gagah. Motor ini terinspirasi dari motor rally Dakar. KTM 390 Adventure mengambil platform yang sama dengan KTM 450 Rally Dakar, yaitu rangka teralis baja ringan.

KTM 390 Adventure Foto: 20 detik

Dari depan, lampu depannya terlihat seperti tipikal motor petualangan. Ditambah dengan handguard yang akan melindungi tangan pengendara dari benda tajam saat blusukan. Ban motor ini juga dirancang untuk tujuan ganda, nyaman di aspal, juga bisa digunakan di offroad ringan.

Petualangan KTM Design 390 Foto: 20 detik

Dari samping, garis desain KTM 390 Adventure juga terlihat kokoh. Mesin satu silinder 390 cc yang dibawanya terlihat garang dari penampilannya. Ditambah knalpot dengan design yang mantap pula.

Untuk pendinginan mesin, KTM 390 Adventure memiliki desain radiator yang unik. Radiatornya melengkung dan memiliki dua kipas untuk memastikan mesin besar yang tertutup dalam satu silinder tetap dingin.

2. Posisi Mengemudi

Sebagai motor petualang, tentunya KTM 390 Adventure menawarkan posisi berkendara yang nyaman. Penguji detikcom dengan tinggi 178 cm duduk dengan nyaman di KTM 390 Adventure.

Petualangan KTM 390 Foto: Yulius Dimas Wisnu A.W./detikcom

Memang, saat Anda pertama kali & # 39; montok & # 39; Pada bagian sadelnya terkesan motor ini sangat tinggi. Maklum, jok yang tinggi didesain untuk menopang jarak ground yang cukup untuk blusukan ke medan offroad.

Penguji detikcom pun harus berjinjit untuk menyeimbangkan motor. Namun setelah beradaptasi, posisi mengemudinya nyaman.

Untuk bermain offroad, KTM 390 Adventure juga nyaman saat kita berdiri di atas pijakan kaki membawa motor lompat.

3. Fitur

KTM mengklaim, meski dirakit di Gresik, KTM 390 Adventure yang masuk ke Indonesia memiliki spesifikasi Eropa. Motor ini dilengkapi dengan fitur-fitur yang bermanfaat.

Misalnya suspensi depan dan belakang bisa diatur sesuai keinginan pengendara. Suspensi depan terbalik WP Apex 43 mm, dikembangkan untuk enduro. Suspensi depan dapat dikonfigurasi dengan peredaman kompresi dan rebound. Pengaturan suspensi depan cukup mudah, hanya dengan memutar sakelar di kiri dan kanan. Ada empat after, yakni comfort, standar, sport, dan full payload.

KTM 390 Adventure Foto: 20 detik

Suspensi belakang dari WP juga bisa disetel untuk peredaman rebound dan preload pegas. Jadi, pengendara tinggal menyesuaikan suspensi untuk kenyamanannya.

Fitur lainnya, KTM 390 Adventure juga dilengkapi dengan sistem kontrol traksi. Sistem ini akan meningkatkan stabilitas traksi roda belakang saat gas diputar. Untuk bermain offroad, kontrol traksi bisa dinonaktifkan untuk performa yang lebih menantang.

Selain itu, KTM 390 Adventure memiliki perpindahan gigi yang cepat. Anda tidak perlu lagi menarik tuas kopling untuk memindahkan gigi ke atas dan ke bawah.

KTM 390 Adventure dilengkapi dengan sistem cornering ABS. Berkat sistem ini, pengendara dapat melakukan pengereman keras di segala jenis jalan, termasuk di tikungan tajam sekalipun.

Untuk bermain offroad, Anda bisa memilih offroad ABS. Dengan mengaktifkan fitur ini maka motor akan menonaktifkan ABS roda belakang sehingga memudahkan pengendara untuk menguasai motor dengan lebih maksimal.

4. Mengebut di Jalan Aspal

Sebelum bermain di medan offroad, kami akan membahas performa KTM 390 Adventure di jalanan aspal. Untuk berkendara di jalan aspal, kami menggunakan pengaturan suspensi yang nyaman, ABS aktif menikung, kontrol traksi aktif, dan quickshifter juga aktif.

Sebagai gambaran, KTM 390 Adventure mengusung mesin DOHC silinder tunggal berkapasitas bulat 373,2 cc. Mesin tersebut menyalurkan tenaganya melalui transmisi enam percepatan yang memiliki tenaga maksimal hingga 43 tenaga kuda dengan torsi maksimal 37 Nm.

Di jalanan aspal, motor ini masih mampu melaju kencang. Pergi ke kecepatan tinggi sangat enak. Meski mesinnya besar dikemas dalam satu silinder, mesinnya tidak terasa bergetar.

Saat pengetesan di jalan aspal ini, kami juga mencoba fitur quick shifter. Kepada detikcom, KTM menyebut fitur quickshifter bisa dimainkan mulai 3.000-4.000 rpm. Namun, kami merasa lebih nyaman menggunakan quickshifter tanpa harus menarik tuas kopling di atas 6.000 rpm. Pasalnya saat masih di angka 3.000-4.000 rpm perpindahan gigi masih terasa kasar.

5. Bermain Tanah di Offroad Medan

Selanjutnya kami naik KTM 390 Adventure ke sirkuit offroad. Untuk bermain darat di medan offroad, KTM 390 Adventure masih sangat nyaman digunakan. Melompati gundukan masih mumpuni meski KTM 390 Adventure sebenarnya adalah motor dual-purpose.

Petualangan KTM 390 Foto: Yulius Dimas Wisnu A.W./detikcom

Suspensi yang diset dalam setting kenyamanan masih cukup nyaman untuk diajak bermain offroad.

Tonton video berotot dari KTM 390 Adventure:

[Gambas:Video 20detik]

Saksikan Video "Penampakan Sepeda Motor Eropa Pertama Kali Dirakit di Gresik"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr / din)