Jakarta –

Pabrikan sepeda motor retro AS, Cleveland Cyclewerks, akhirnya secara resmi menjual motor listriknya kepada masyarakat umum. Diberi nama Falcon, motor listrik ini mengusung model neo-retro yang menggabungkan elemen klasik dan modern.

Motor listrik pertama buatan Cleveland ini dibanderol dengan harga mulai 14.995 US $ atau setara dengan Rp 242,3 juta. Sepeda motor ini hadir dalam dua varian, Falcon 01 dan Falcon BLK. Dan untuk saat ini hanya dijual di negeri Paman Sam.

Foto Cleveland Falcon: Cleveland

Cleveland Falcon ditenagai oleh motor listrik yang dapat menghasilkan tenaga mencapai 17,5 hp dan torsi 39 Nm. Jarak tempuh saat baterai terisi penuh, bisa mencapai 137 km. Kecepatan menengah diklaim mampu melaju hingga 105 km / jam. Sepeda motor ini juga memiliki 4 mode berkendara yang dapat disesuaikan.

Sepeda motor ramah lingkungan ini menggunakan baterai yang dibuat oleh Samsung sebesar 2.2 kWh untuk tipe Falcon 01, dan 4.4 kWh untuk varian Falcon BLK. Dengan baterai yang lebih besar, Falcon BLK dapat menempuh jarak sejauh 290 km.

Dari segi berat, Cleveland Falcon relatif ringan dengan berat sekitar 79 kg. Sementara dari segi desain, bentuk motor cukup sederhana dengan adopsi rangka teralis yang dibiarkan telanjang tanpa penutup badan. Bahkan baterainya terlihat jelas.

Untuk keamanan, Cleveland Falcon telah dilengkapi dengan 2 rem cakram piston di bagian depan dan belakang, dengan diameter 200 mm. Sepeda motor ini juga dilengkapi dengan lampu LED dalam sistem penerangannya.

[Gambas:Youtube]

Lihat video "Menggunakan Motor Listrik, Inspeksi Aset PLN Aceh"
[Gambas:Video 20detik]
(lua / lua)