Jerez –

Valentino Rossi tidak bisa tampil optimal di MotoGP Spanyol 2020 yang diadakan akhir pekan lalu di sirkuit Jerez. Pembalap berusia 41 tahun ini tidak bisa menyelesaikan balapan hingga selesai.

Pada 7 lap sebelum selesai, Rossi harus kembali ke pit karena masalah dengan motornya. Motor Yamaha M1 miliknya mengirim sinyal peringatan merah yang memaksa Rossi menghentikan motornya.

"Saya punya masalah dengan motor. Motor memberi sinyal merah dan saya berhenti. Kami punya masalah, masalah teknis," kata Rossi seperti dikutip Motorsport.

"Saya memiliki masalah ketika keluar (dari tikungan terakhir) ke garis lurus, ketika keluar dari tikungan terakhir.

"Motor memberi sinyal, dan ketika Anda mendapat sinyal merah, semuanya melambat, karena itu berarti sesuatu telah terjadi," lanjut pembalap Italia itu.

Hingga saat ini, belum ada konfirmasi dari Yamaha mengenai masalah yang dialami Rossi.

Sebelum mengakhiri balapan karena masalah teknis, Rossi berjuang dengan masalah ban. Pembalap berjuluk The Doctor menghabiskan akhir pekan lalu berjuang dengan traksi ban belakang. Masalah itu sering dialami oleh Rossi dalam beberapa tahun terakhir.

"Bagi saya, masalahnya adalah karena alasan tertentu kami tidak membuat ban bekerja dengan baik. Saya memiliki banyak masalah dan masalah (ban) di belakang, semua pengendara menggunakan soft. Masalahnya adalah bahwa jika semua pengendara mulai dengan soft , jika Anda mulai dengan ban keras atau medium di belakang, Anda kehilangan karena ban yang lebih keras memiliki daya cengkeram yang lebih sedikit, "katanya.

"Untuk mendapat kesempatan, Anda harus mencoba kinerja ban belakang dengan ban lunak. Dan untuk ban depan, saya tidak ingin mengatakannya, tetapi kami sering mencoba ban lunak. dan perbedaannya sangat sedikit. Jadi, kami mencoba, saya dan Maverick (Vinales) "Kami harus memasang sedikit lebih cepat. Tapi itu bukan masalah besar. Masalah saya berasal dari (ban) belakang, "lanjutnya.

Untuk akhir pekan ini, balapan MotoGP akan diadakan lagi di sirkuit Jerez. Kata Rossi, untuk balapan minggu ini harus banyak berubah.

"Kami harus mencoba sesuatu yang lain karena seringkali kami memiliki masalah ini selama akhir pekan dan dalam balapan dan saat ini kami tidak dapat memperbaikinya," katanya.

Lihat videonya "Rossi tiba-tiba berhenti di MotoGP Spanyol, mengapa?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr / din)