Jakarta –

Sepeda motor besar (moge) yang biasa dimiliki kalangan atas mendapat perlakuan khusus, terutama soal parkir di pusat perbelanjaan. Di beberapa mall, pengelola menyediakan tempat parkir khusus yang biasanya berada di depan lobby mall.

Apakah tarif parkir khusus sepeda motor berbeda dengan sepeda motor kecil lainnya?

Menurut Ketua Umum Asosiasi Parkir Indonesia (IPA) Rio Octaviano, tidak ada ketentuan khusus terkait tarif parkir motor di sebuah properti. Tarif parkir sepeda motor tidak diatur dalam peraturan daerah tentang parkir.

“Biasanya ada kesepakatan antara pengelola parkir dan properti. Kalau ditanya dasar hukumnya tidak ada. Basisnya lebih pada kepentingan bisnis mal (manajemen),” kata Rio kepada detikcom.

Rio menuturkan, sejumlah pengelola mal menetapkan tarif parkir sepeda motor. Sebagian lainnya bahkan tidak memungut biaya parkir dari sang moge yang mendapat tempat parkir khusus di depan lobi.

“Kadang dibayar, kadang tidak. Tapi kebanyakan tidak dibayar,” kata Rio.

“Kebanyakan gratis, jadi orang bisa datang, karena biasanya masyarakat datang. Dan mereka bisa menaikkan level, lebih ke arah brand image,” lanjutnya.

Terkait penyediaan lokasi parkir khusus sepeda motor, tidak ada aturan yang mengikat. Ketersediaan parkir moge khusus dikembalikan kepada pengelola properti seperti mall.

“Mungkin salah satu strateginya untuk menarik klien / pengunjung. Kenapa moge berspesialisasi? Ini sebenarnya kembali ke karakter kebanyakan pengguna motor. Bukan tentang dia harus bayar, bukan tentang dia tidak mau bayar, tapi biasanya gimana dia kebanggaan. Ujung-ujungnya sama. property, entah mal, gedung perkantoran, akhirnya disediakan tempat parkir khusus, "kata Rio.

“Jadi tempat parkir sebenarnya disediakan oleh properti yang notabene untuk strategi pemasaran bagaimana memaksimalkan / mendatangkan pengunjung sebanyak-banyaknya,” sambungnya.

“Bisa juga dibayangkan kalau dilihat dari segi estetika, mungkin mall melihat motor ini diletakkan di depannya, bisa jadi pajangan, jadi keren, orang-orang ada banget dan sebagainya,” ujarnya.

Saksikan Video "Detik-detik Tabrakan Motor dari Berbagai Arah di Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr / lth)