Jakarta – Harga motor listrik masih relatif mahal jika dibandingkan dengan motor konvensional yang mengusung mesin. Tetapi tidak bagi pemilik saluran Youtube Ebikeschool, ia mampu mengubah sepeda motor tua Honda menjadi motor bertenaga listrik dengan komponen yang tersedia di pasaran.

Perbedaan pada motor kustom ini belum menunjukkan hasil, tetapi itu dimulai dari rencana yang terus diperbarui oleh akun. Motor yang digunakan adalah Honda Sports Cub 1969 CA110 yang masih berfungsi dengan baik.

Rencananya sepeda motor ini akan menggunakan motor listrik 3kW yang dapat dinaikkan menjadi 5kW. Video ini menjelaskan pilihan penggerak di tengah sistem motor atau hub yang terletak langsung di roda berdasarkan kelemahan dan kekuatan masing-masing. Penempatan motor listrik akan berdampak pada jumlah baterai yang dibutuhkan.

Untuk baterai yang merupakan sumber energi motor ini akan menggunakan sistem 72V dengan kapasitas 30Ah. Dengan perhitungan, alat berat akan menyediakan jarak 60 km dalam satu pengisian penuh. Menurutnya itu sudah cukup untuk penggunaan mobilitas di kota.

Yang paling menarik tentang modifikasi ini adalah bahwa pria ini akan membuat baterai sendiri yang sekarang dapat dikatakan sebagai bagian paling mahal dalam produksi sepeda motor listrik. Untuk pembuatan baterai itu sendiri telah dijelaskan melalui saluran youtube yang sama di berbagai video.

Secara garis besar, pembuatan baterai lithium dibagi menjadi 5 langkah, mulai dari tata letak baterai, pengelasan, pemasangan modul, pengemasan, hingga pemilihan pengisi daya. Setiap kebutuhan untuk membuat baterai lithium termasuk dalam deskripsi video yang diunggah di kanal.

Kembali ke modifikasi menjadi motor listrik, video ini menjelaskan bagaimana rem depan dan belakang akan mengalami perubahan untuk penyesuaian. Lengan ayun juga akan dirancang ulang untuk memindahkan pijakan kaki.

Cukup menarik untuk mengikuti bagaimana hasil konsep modifikasi ini nantinya. Jika berhasil maka akan sangat banyak orang yang akan mengikuti metode ini dan membuat sepeda motor listrik sendiri tanpa harus membelinya secara langsung. Tentu saja ini untuk otolover yang suka mengotak-atik bagian sepeda motor.

[Gambas:Youtube]

(rip / lth)