Pameran ini merupakan inovasi antara properti dan penjualan otomotif di satu lokasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Inovasi dalam pemasaran produk yang disinergikan dengan perkembangan teknologi informasi saat ini akan meningkatkan peluang meraih kesuksesan di pasar. Konsep ini sekarang ditawarkan dalam penjualan properti dan kendaraan yang dikemas dalam acara pameran Drive Expo Home 2018.

Pameran yang berlangsung dari tanggal 2 hingga 4 November di ICE BSD City, Tangerang, dihadiri oleh lebih dari 12 merek otomotif terkemuka seperti Honda, Toyota, Mercedes Benz, Mitsubishi, Audi, BMW, VW dan lainnya. Sekitar 30 pengembang juga menghadiri pameran ini.

Para peserta pameran juga siap memberikan penjelasan kepada para pengunjung yang hadir. Sejumlah stan otomotif dan perumahan juga telah dikunjungi oleh orang-orang yang ingin mencari perumahan dan kendaraan. Fasilitas kredit yang menarik dan potongan harga juga siap diberikan kepada pelanggan potensial.

Berdasarkan data dari Gaikindo, penjualan kendaraan bermotor baru dari Januari hingga September 2018 mencapai 856.439 kendaraan, naik 7 persen dari periode yang sama tahun 2017.

"Selain mobil, kendaraan roda dua seperti Harley-Davidson juga hadir, kepentingan otomotif dan properti semakin meningkat seiring dengan selesainya berbagai infrastruktur di Indonesia, terutama di Jakarta," kata Country Manager Regia Glamouria Mobil123.com, seperti penyelenggara pameran ini, Jumat (2/11).

Dalam pernyataan tertulisnya, Regia juga menilai bahwa pesatnya pembangunan infrastruktur seperti jalan tol telah memacu permintaan kendaraan bermotor. "Kemudahan masyarakat untuk mengakses tempat tinggal dengan kegiatan lain adalah hal utama yang merangsang pasar otomotif," katanya.

Tjahya Widayanti MSc, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri di Kementerian Perdagangan, mengatakan bahwa pameran yang diadakan oleh portal properti dan otomotif terbesar di negara ini adalah hasil dari penjualan inovatif yang dikombinasikan dengan teknologi digital saat ini.

Kebijakan pemerintah di sektor properti dan teknologi industri 4.0 harus diadaptasi dengan baik untuk meningkatkan penjualan. "Teknologi ini akan mempengaruhi manajemen penjualan produk, terutama yang berbasis pada e-commerce," katanya.

Rouli Sijabat, Public Relations Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) menyatakan bahwa potensi pasar sekitar BSD cukup besar dan pameran ini merupakan konsep baru yang merupakan perpaduan antara properti dan otomotif. "Ini sangat dekat dengan rumah dan mobil, di masa depan itu juga bisa dikombinasikan dengan furnitur dan Toyota akan berpartisipasi jika ada manfaatnya," katanya.

Marine Novita, Country Manager Rumah.com bekerja sama dengan Mobil123.com dalam penyelenggaraan pameran ini menjelaskan bahwa 2018 Drive Home Expo menarik banyak antusiasme dari pengembang properti. Puluhan proyek properti ikut serta dalam pameran ini dengan harga mulai dari Rp. 200 juta hingga Rp. 1 Milyar.

Penelitian dalam Indeks Sentuhan Harga Properti 2018 pada bulan Juni mengatakan bahwa 63 persen dari 1000 responden mengatakan mereka berniat membeli rumah dalam enam bulan ke depan.