Jakarta – Fasilitas perakitan sepeda motor KTM di wilayah Gresik, Jawa Timur, sebelumnya dilaporkan beroperasi pada awal 2019. Namun, rencana itu gagal karena proses perizinan belum selesai.

"Bangunannya sudah ada, bro. Kami masih menyelesaikan proses perizinan CKD," kata Presiden Direktur PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM) Kristianto Gunadi, saat dihubungi detikOto melalui pesan singkat, Sabtu (23/2/2019).

PT PJLM sebagai motor KTM APM di dalam negeri menjamin bahwa ia akan segera memulai proses produksi motor KTM secara lokal jika proses perizinan selesai.

"Tentu saja. Kami menargetkan semester 2 ini berfungsi jika seluruh proses perizinan selesai," lanjut pria yang akrab disapa Kris itu.

Kristanto mengungkapkan bahwa pabrik KTM yang memiliki luas tanah sekitar 20 ribu m2 akan menghasilkan model Duke 200, Duke 250, RC 200 dan RC 250 berdasarkan CKD. Sedangkan untuk kelas 390 cc, masih akan diimpor secara keseluruhan (CBU).

"Untuk kapasitas produksinya sendiri, sekitar 12.000 per tahun," simpul Kris.

Meskipun kemudian motor KTM dapat dirakit secara lokal, itu tidak akan berpengaruh banyak dengan penurunan harga sepeda motor. Karena PT PJLM saat ini menjual motor KTM sesuai dengan harga sepeda motor CKD. (lua / lth)