Jakarta –

Lembaga pengujian kendaraan Jerman telah mendeteksi kecurangan yang dilakukan oleh Porsche AG dalam mengumpulkan data gas buang pada mesin bensin yang dibawa oleh salah satu model.

Dikutip autoblog, Otoritas Kendaraan Bermotor Jerman, KBA mencurigai Porsche AG melakukan manipulasi data emisi gas buang pada mesin bensin mereka.

Seorang juru bicara KBA menjelaskan, saat ini dirinya tengah menyelidiki mesin Porsche AG yang sudah dipasarkan di Eropa sebelum 2017.

Menurut beberapa laporan, KBA saat ini sedang melakukan investigasi yang difokuskan pada mesin bensin yang dikembangkan antara 2008 dan 2013. Termasuk model Panamera dan 911, di mana perubahan ilegal dilakukan pada perangkat keras dan perangkat lunak yang dapat mempengaruhi sistem pembuangan dan komponen mesin.

Sebagai informasi, pihak berwenang Jerman telah mendenda Porsche 535 juta Euro (sekitar Rp 9,2 miliar) tahun lalu, setelah terbukti menyimpang dari hasil data uji emisi gas buang mesin dieselnya. Kini KBA mulai mencurigai Porsche AG juga melakukan hal serupa.

Sementara itu, Reuters mengabarkan bahwa Volkswagen bersedia bekerja sama dengan KBA untuk mengusut kasus ini. Seorang juru bicara Porsche juga telah mengeluarkan pernyataan bahwa mobil yang diduga melakukan kecurangan pada data emisi gas buang adalah mobil yang diproduksi sebelum tahun 2017. Sedangkan mobil baru tidak terpengaruh.

Porsche pun mengaku telah melakukan penyelidikan internal untuk mengetahui lebih jelas soal dugaan tersebut.

Tonton Video "Taycan, Mobil Listrik Pertama Porsche"
[Gambas:Video 20detik]
(lth / din)