Jakarta – Persaingan sengit di industri otomotif saat ini didominasi oleh Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander. Keduanya saling salip untuk menjadi mobil terlaris di Indonesia.

Pada awal 2019, keduanya telah menunjukkan persaingan yang ketat. Dari data partai besar (distribusi dari pabrik ke dealer), Mitsubishi Xpander telah melampaui Avanza pada Januari 2019. Pada bulan pertama, Xpander mendistribusikan 5.708 unit, mengungguli Avanza dengan sedikit perbedaan, dengan penjualan 5.500 unit pada periode yang sama.

Namun, Avanza menyerang balik di bulan kedua 2019. Distribusi (partai besar) Avanza tercatat sebanyak 5.700 unit sedangkan Mitsubishi Xpander sebanyak 5.532 unit.

Eits, jangan lupa juga pendatang baru dari Cina, Wuling Confero S. Mobil ini diluncurkan hampir bersamaan dengan Mitsubishi Xpander. Bagaimana nasib Wuling Confero S di tengah persaingan sengit Avanza vs Xpander?

Tampaknya konsumen yang memilih Wuling Confero tidak sebanyak pemilih Xpander dan Avanza. Ini terlihat dari data penjualan partai besar dalam dua bulan pertama 2019.

Mengutip data dari Asosiasi Industri Otomotif Indonesia (Gaikindo), partai besar Wuling Confero pada Januari hanya mencatat 339 unit, masih jauh dari Avanza-Xpander yang menyentuh 5.000 unit.

Bagaimana dengan Februari? Angka tersebut tidak jauh dari penjualan Wuling Confero pada Januari. Berdasarkan data penjualan yang diperoleh AFP, Wuling Confero dibagikan sebanyak 593 unit.

Berbicara tentang angka penjualan eceran (dari dealer ke konsumen), masih berdasarkan data penjualan mobil yang diperoleh AFP, Mitsubishi Xpander menjual 5.960 unit pada Februari 2019. Sementara Avanza 5.0004 unit dan Wuling Confero 721 unit. (rgr / lth)