Jakarta – MPV Xpander rendah buatan Mitsubishi di kawasan Cikarang tidak hanya menarik bagi masyarakat Indonesia. Seperti diketahui sejak April 2018, Mitsubishi juga mengirim Xpander ke beberapa negara mulai dari Filipina.

Tercatat dalam data ekspor Asosiasi Industri Otomotif Indonesia (Gaikindo), negara-negara yang tertarik oleh Xpander bukan hanya Filipina. Xpander yang dibuat oleh Cikarang juga tercatat dikirim ke Mesir, Vietnam, Thailand, Bolivia, Bangladesh, Sri Lanka, dan Kamboja.

Dalam sebulan, Mitsubishi mengekspor 4.329 unit Xpander dan juga yang tertinggi di awal 2019. Sayatan positif Xpander memang tidak hanya berlaku di pasar ekspor. Mitsubishi dalam data distribusi grosir juga mencatat penjualan tertinggi.

Ini berarti bahwa Xpander adalah mobil terlaris di Indonesia, mengalahkan rival Toyota Avanza. Model Avanza baru di bulan pertama 2019 tidak dapat berbicara banyak dari sisi penjualan. Mengenai ekspor, Avanza masih kalah dengan Xpander. Pada periode yang sama Toyota hanya mengirim 2.066 unit Avanza ke luar negeri.
Meski begitu, Toyota menyebut pelanggan potensial yang telah menunggu Avanza menjadi sedikit sabar menunggu mobil diparkir di rumah.

"Ini masih merupakan penyesuaian produk baru, kami katakan bahwa kami masih melihat dari pemilik mengambil pertama. Jadi apa yang kita lihat adalah kepentingan publik, kemarin (Januari-Februari) (nomor SPK) adalah 17.000, saya pikir dengan jumlah itu masih lumayan bagus, masih di atas target penjualan kami, "kata Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi beberapa waktu lalu. (kering / ddn)