Jakarta –

Dalam dunia roda dua, gaya retro klasik bukan hanya bagian dari modifikasi. Beberapa produsen bahkan menawarkan produk baru dengan nuansa ini, bahkan ada yang fokus menawarkan produknya dengan gaya jadul.

Roda empat sepertinya juga menunjukkan tren itu. Setidaknya hal ini yang coba dilakukan Nissan jika melihat teaser untuk generasi model Z terbaru.

Rencananya mobil Z akan diperkenalkan ke publik pertama kali pada 16 September 2020. Video tersebut memperlihatkan cuplikan beberapa tampilan eksterior yang kental dengan aroma klasik.

Logo Z pada pilar juga mengingatkan penggemar Nissan pada Nissan Z masa lalu. Anda bisa melihat lampu depan berbentuk bulat yang mirip dengan Nissan Fairlady Z atau Datsun 240Z. Sementara lampu belakangnya tampak terinspirasi dari 300ZX.

Ada juga sedikit bocoran mengenai kabin yang memperlihatkan tuas transmisi manual pada mobil tersebut. Jahitan kuning terlihat di konsol tengah, tetapi gearbox do-it-yourself tetap menjadi daya tarik utama dalam video singkat ini.

Di luar itu, informasi spesifikasi teknisnya masih menjadi misteri. Nissan mengatakan bahwa mobil Z terbaru memadukan tema retro dengan teknologi modern dan dijamin tidak akan mengecewakan.

Meski belum ada keterangan resmi seberapa tangguh mobil ini akan melaju, diyakini Nissan Z Proto bakal mengusung mesin 3.0 liter V6 Twin-Turbo yang sebelumnya dimiliki Infiniti Q50 dan Q60, dengan pilihan 6 percepatan. transmisi manual dan otomatis 9 percepatan.

Kemungkinan peluncuran resminya akan menggunakan nama prototipe mengingat penggunaan Proto pada nama tersebut. Hal yang sama dilakukan Nissan di tahun 2005 dengan GT-R Proto, yang terlihat hampir sama dengan R35 yang siap produksi ketika diluncurkan beberapa tahun kemudian.

[Gambas:Youtube]

Tonton Video "Nissan Luncurkan SUV Tendangan e-Power, Buktinya Belum Mati di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(rip / din)