Jakarta – Ungkapan hidup yang enggan mati tidak mau disematkan pada Nissan Juke. Sudah diaspal sejak 2011, napas Juke masih panjang di Indonesia. Nafas panjang Juke tidak disertai dengan model barunya. Juke terakhir berdandan pada tahun 2015. Setelah itu tidak ada perubahan pada Juke sampai sekarang.

Penjualan juga cenderung menurun. Penurunan penjualan Juke tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi di beberapa negara. Bahkan di Juke, itu belum dijual sejak 2017.

SUV menengah Nissan bukan hanya Juke. Nissan kemudian merilis Kicks. Sayangnya, Kicks tidak dibawa oleh Nissan ke Indonesia.

Dibuka pada 2019, bukan Juke baru yang diluncurkan oleh Nissan bersama dengan Livina tetapi Serena. Serena dan Livina keduanya mengisi segmen MPV. Tapi Serena satu tingkat di atas Livina.

Nissan sendiri mengakui bahwa ia kuat di SUV. Namun justru MPV kini menjadi fokus Nissan.

Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia Isao Sekiguchi juga memberikan jawaban mengambang ketika ditanya tentang SUV, terutama model Juke baru di Indonesia. Dia menyebut mobil yang dijual Nissan di negara itu mengikuti keinginan masyarakat setempat. Di segmen SUV, Nissan sudah memiliki Terra, yang baru diluncurkan pada Agustus 2018.

"Kami akan terus melihat peluang yang ada dan itu juga merupakan cerminan dari produk kami ke depan untuk jangka pendek. Sementara dalam jangka panjang kami masih harus melihat 10 tahun ke depan di Indonesia, misalnya, apa selera konsumen sama atau berubah, "kata Sekiguchi dalam kesempatan untuk wawancara khusus dengan detikOto di area Djakarta Theater XXI.

Menurut Sekiguchi, karakter konsumen di setiap negara berbeda. Ini membuat produsen harus pilih-pilih soal mobil yang tepat yang bisa memenuhi tuntutan masyarakat.

"Di Jepang MPV masih baik-baik saja, tetapi MPV kecil tidak, kita harus melihat konsumen di masa depan," kata Sekiguchi.

Berbicara tentang Juke sejak pertama kali diluncurkan hingga sekarang, setiap tahun penjualannya menurun. Bahkan pada 2018 hanya 146 unit Juke yang dijual partai besar. Meskipun Juke pertama kali dirilis, ia bisa menjual hingga 9.573 unit dalam satu tahun. (kering / ddn)