Jakarta – Sebagai salah satu hasil dari aliansi Nissan-Renault-Mitsubishi, Nissan telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan membawa mesin Xpander pada MPV terbarunya yang dikatakan hadir dengan nama Livina.

Demikian dikemukakan oleh Mitsubishi Osamu Masuko nomor satu. Masuko beberapa waktu lalu mengatakan, mesin yang sama persis dengan Xpander akan dibawa pada Livina. Produksi tidak lagi dilakukan di pabrik Mitsubishi, tetapi Nissan.

"Jadi kami akan membeli mesin dari pabrik Nissan, yang akan memproduksi Nissan, kemudian akan dipasok ke Mitsubishi Xpander," Masuko menjelaskan beberapa waktu lalu.

Sebelumnya Nissan di Grand Livina menanamkan mesin HR15DE dengan Dual Injectors dan Twin VTC (Intake dan Exhaust). Mesin ini dikawinkan dengan transmisi CVT Nissan Xtronic. Berkat mesin HR15DE Grand Livina dapat menghasilkan tenaga setara dengan 107 tenaga kuda pada 5.600 rpm.

Sedangkan Xpander mengusung mesin 4-katup 1.5A MIVEC DOHC 16-Valve. Energi yang dikeluarkan oleh mesin sedikit berbeda dari Grand Livina, yaitu 102 tenaga kuda pada 6.000 rpm.

Transmisinya berbeda, versi manual empat kecepatan sedangkan versi otomatis lima kecepatan. Otolovers sedang menunggu, jenis mesin apa yang akan lahir. Jika menyematkan mesin Xpander, apakah Nissan bersedia menghilangkan karakteristik transmisi CVT pada mobil otomatisnya mengikuti kembarannya?

Atau keduanya akan mengembangkan mesin baru yang akan disematkan pada Livina dan Xpander? Tunggu jawabannya ketika Nissan meluncurkan Livina dalam waktu dekat! (kering / bulan)