Nissan juga memberikan edukasi tentang mobil listrik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Untuk meningkatkan keterampilan siswa dan calon teknisi di industri otomotif di Indonesia, Nissan menyumbangkan satu unit Nissan Grand Livina. Unit mobil MPV disumbangkan ke Pusat Pengembangan Pelatihan Kerja (BBPLK) di Bandung.

Direktur Utama Nissan Indonesia, Isao Sekiguchi mengatakan, sebagai bagian dari komitmen Nissan untuk memperkaya kehidupan masyarakat, Nissan telah bekerja sama dengan BBPLK Bandung sejak 2019 dengan menjalankan Program Kelas Nissan.

"Kami senang menjadi bagian dari pengembangan industri otomotif Indonesia dan berkontribusi pada kemajuan sumber daya manusia. Kami telah menjadikannya sebagai bagian dari misi kami untuk memberikan kembali kepada masyarakat tempat kami tinggal dan bekerja. Kami berharap Nissan Grand Donasi Livina akan berguna dalam mengembangkan keterampilan untuk membantu siswa mencapai hal-hal besar di masa depan, "kata Isao dalam pernyataan pers kepada Republika, Selasa (25/2).

Ini juga bertujuan untuk memperluas peluang karir bagi siswa BBPLK untuk dikembangkan menjadi teknisi junior Nissan. Program ini juga sejalan dengan tujuan Kementerian Tenaga Kerja untuk meningkatkan daya saing tenaga kerja melalui kolaborasi dengan industri, salah satunya di bidang otomotif.

Sebelumnya, Nissan juga berkesempatan berkontribusi tentang pendidikan mobil listrik. Pendidikan tentang Nissan LEAF dilakukan di sebuah acara yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Jepang di Indonesia.

Menurutnya, ini adalah bagian dari gerakan Nissan yang sedang berlangsung untuk memberikan pendidikan tentang kendaraan listrik. Nissan LEAF yang dipamerkan hadir dengan fitur tambahan, yaitu pemasangan alat atau sistem kontrol daya. "Ini adalah teknologi pertama yang disajikan di Indonesia. Fitur ini dapat memasok listrik ke peralatan rumah tangga dengan memanfaatkan kapasitas penyimpanan daya Nissan LEAF," katanya.

Energi yang tersimpan dalam baterai Nissan LEAF memungkinkan pengendara untuk memasok listrik ke peralatan rumah mereka dan bahkan rumah mereka. Artinya, jika terjadi bencana, Nissan LEAF juga dapat memasok listrik di tempat penampungan pengungsi, seperti yang terjadi di Jepang selama bencana alam.

"Nissan LEAF lebih dari sekadar mobil. Dalam acara ini, kami memamerkan banyak manfaat yang dapat disediakan oleh Nissan LEAF, salah satunya adalah membantu memasok listrik selama bencana, seperti yang dilakukan di Jepang," katanya.