Sudah di pasar Eropa, Nissan NV400 adalah ambulans bebas emisi pertama di Jepang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Nissan mengumumkan penggunaan ambulans bebas emisi pertama di Jepang, NV400 Zero Emission. Mobil, yang merupakan buah kerjasama antara Nissan, Pemadam Kebakaran Tokyo, dan Pemerintah Kota Tokyo digunakan untuk Pemadam Kebakaran Tokyo.

"Nissan sangat percaya pada mobilitas yang berkelanjutan dan berupaya berkontribusi kepada dunia melalui nol emisi dan nol mobil fatal," perwakilan eksekutif dan chief operating officer di Nissan, Ashwani Gupta mengatakan dalam sebuah pernyataan tertulis pada Senin.

Menurut Gupta, proyek ini adalah contoh yang bagus dari upaya Nissan untuk meningkatkan aksesibilitas kendaraan ramah lingkungan kepada masyarakat setempat. Ambulans menggunakan baterai dengan tingkat getaran dan kebisingan yang rendah, sehingga tidak mengganggu pasien dan tim medis saat mengambil tindakan darurat di dalam mobil.

NV400 menggunakan dua baterai lithium-ion 33 kilowatt-jam dengan baterai 8 kWh tambahan, yang memungkinkan penggunaan perangkat listrik dan sistem pendingin udara yang lebih lama. Ambulans juga dapat digunakan sebagai generator untuk memasok listrik ke lingkungan sekitarnya, misalnya ketika digunakan di daerah bencana.

Nissan EV Ambulance atau NV400 kini telah dijual di pasar Eropa.

sumber: Antara