Jakarta – Aktivitas Nissan di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir cukup tenang. Tidak ada mobil yang benar-benar baru yang diluncurkan oleh Nissan.

Setidaknya Nissan hanya menyikat tampilan mobil-mobil yang dijual di Indonesia. Meski begitu, Nissan sempat dilanda berita tentang penutupan pabriknya di Indonesia.

Namun, hal itu dibantah oleh Senior Vice President Senior Asia dan Oseania Nissan, Yutaka Sanada, yang mengatakan bahwa partainya akan terus membuat pabrik Nissan di Indonesia berkembang.

Penjualan Nissan di Indonesia mulai dikalahkan oleh pendatang baru Cina, Wuling. Perlahan tapi pasti Wuling menorehkan peningkatan penjualan mobil di Indonesia.

Tercatat dalam data distribusi grosir dan eceran Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dengan tiga model Wuling yang menjual lebih banyak mobil dari Nissan.

Misalnya, pada bulan November di partai besar (dari pabrik ke dealer), Wuling mengirim 1.277 unit mobilnya ke dealer. Sementara Nissan hanya 819 unit. Secara total partai besar, 14.677 unit Wuling dikirim ke dealer. Sementara Nissan memiliki kurang dari setengah 6.378 unit.

Peningkatan penjualan Wuling juga didukung oleh data ritel (dari dealer ke konsumen). Pada bulan kesebelas 2018, 1.119 mobil Wuling diparkir di garasi konsumen.

Penjualan ritel Nissan tidak mencapai 1.000 unit. Dalam data itu, Gaikindo Nissan hanya mengirim 619 unit mobilnya ke konsumen pada November 2018. Sejak awal tahun, Wuling sudah tergesa-gesa. Ketika ditambahkan selama 11 bulan, total 13.808 unit mobil Wuling dikirim ke semua konsumen di Indonesia.

Nasib baik Wuling tidak pernah diraih oleh Nissan selama 2018. Penjualan ritel Nissan selama 11 bulan hanya 6.333 unit.

Nissan sendiri hanya & # 39; aktif & # 39; Sekali lagi setelah meluncurkan mobil Terra baru di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Di Indonesia, Terra akan menantang pendahulunya seperti Toyota Fortuner, Pajero Sport, Isuzu mu-X, dan Trailblazer. Bisakah Nissan kembali menang dengan model baru? It's worth waiting for Otolovers! (kering / ddn)