Awalnya, Nissan berencana menyegarkan kembali Nissan Z Series dengan mesin hybrid.

REPUBLIKA.CO.ID, YOKOHAMA – Di segmen sportscar, Nissan punya sejumlah andalan seperti Nissan GT-R dan Nissan Fairlady atau Z Series. Saat ini, pabrikan asal Jepang tersebut juga bersiap menghadirkan penyegaran untuk Z Series dengan ubahan sesuai selera pasar.

Dilansir dari Car Advice, Sabtu (19/8), awalnya Nissan dianggap sebagai penyegar dengan menghadirkan opsi mesin hybrid. Namun, kini Nissan memantapkan dirinya dengan hanya menghadirkan mobil sport bermesin bensin.

Rencananya, penyegaran ini akan direalisasikan melalui produk bernama Nissan 400Z. Nissan menilai mayoritas konsumen lebih tertarik dengan powertrains bermesin bensin daripada hybrid. Artinya meski saat ini Nissan cukup peduli dengan mobil ramah lingkungan, namun ini dinilai belum cocok untuk mobil sport.

Product Leader Nissan GT-R dan Nismo, Hiroshi Tamura menegaskan bahwa setiap pengembangan produk Nissan harus berdasarkan riset pasar agar setiap produk yang dihadirkan sesuai dengan kebutuhannya.

“Jika konsumen memang membutuhkan mesin dengan motor listrik, maka kami pasti akan mewujudkannya. Namun, setiap keputusan harus melalui pertimbangan matang,” kata Tamura.

Belum lama ini, Nissan juga berkesempatan mengungkap bocoran konsep Nissan 400Z. Salah satu hal yang dibicarakan adalah tentang mesin. Dari namanya, 400Z sendiri berarti mobil ini dibekali mesin bertenaga 400 tenaga kuda.

Diperkirakan mesin yang digunakan adalah mesin 3 liter V6 twin turbo. Agar lebih agresif, produk ini juga dihadirkan dengan pilihan transmisi manual enam percepatan. Padahal, biasanya peminat transmisi manual hanya sekitar sepertiga dari total konsumen Z Series.