Dalam artikel sebelumnya (The Food Pyramid – Healthy Breakfast: Apa yang Dibutuhkan Tubuh Kita (1)), kita melihat apa yang dibutuhkan tubuh kita dan, secara umum, di mana kita dapat menemukannya: gizi seimbang, air dan olahraga. Di sini, kami memiliki pandangan yang lebih rinci tentang nutrisi yang kami butuhkan dan sumber terbaik mereka.

Makro, Mikro, dan Phyto-Nutrisi

Mari coba dan pahami hal ini. Ferrari adalah salah satu mobil performa tinggi yang paling diinginkan; mesinnya didasarkan pada teknik dan teknologi canggih. Jumlah total bagian yang membentuk Ferrari diperkirakan sekitar 20.000 atau lebih. Mereka bertindak dengan menekan tombol. Semua bagian dibuat dan diganti.

Bandingkan ini dengan tubuh kita. Ini adalah mesin yang sangat berbeda. Ini terdiri dari sekitar 100.000.000.000.000 (100 triliun) sel. Semua sel aktif sepanjang waktu dan perlu disiram dan diberi makan terus menerus. Semua mengganti diri tanpa henti selama masa hidup kita, dan tidak satu pun yang bisa digantikan oleh apa pun yang dibuat manusia.

Sementara uang dapat membeli Ferrari dan suku cadangnya, dan minyak dan bahan bakar kelas tinggi adalah apa yang dia butuhkan untuk dijalankan, menjaga tubuh kita pada tingkat yang berbeda sama sekali.

Agar dapat berfungsi dengan baik, tubuh membutuhkan 114 nutrisi berbeda setiap hari. Kedua, suplemen makanan dan nutrisi kita harus memberi kita berbagai nutrisi:

  • Makro-nutrisi: protein, karbohidrat dan lemak
  • Mikro-nutrisi: vitamin, mineral dan elemen jejak
  • Phyto-nutrien: nutrisi nabati

Makro-nutrisi

Kita perlu memastikan bahwa kita memperoleh berbagai nutrisi lengkap setiap hari. Inilah sebabnya mengapa protein dan karbohidrat harus dimasukkan tidak hanya dalam makanan kita tetapi juga dalam daftar suplemen meskipun mereka benar-benar bukan suplemen.

Sumber protein yang umumnya direkomendasikan adalah daging tanpa lemak, ikan dan kacang-kacangan, sebaiknya dipanggang atau dikukus. Kadang-kadang, orang merasa sulit untuk makan protein dalam jumlah yang cukup dalam rutinitas sehari-hari mereka. Dalam kasus ini, makanan reguler Anda mendapat manfaat dari suplemen.

Makro-nutrien, terutama isolat kedelai, tersedia dalam bentuk makanan pengganti shake. Guncangan pengganti makanan jelas berkaitan dengan penurunan berat badan dan penelitian terbaru menunjukkan bahwa metode penurunan berat badan yang paling efektif menggabungkan penggantian makanan dan manajemen protein pribadi. Tetapi jauh di luar penurunan berat badan, metode suplementasi ini juga menghasilkan sejumlah manfaat kesehatan yang dapat menyebabkan pengurangan atau bahkan penghapusan obat-obatan. Oleh karena itu, penggunaan shake pengganti makanan tidak disediakan khusus untuk menurunkan berat badan. Mereka juga dapat berfungsi sebagai cara pintas yang mudah digunakan untuk membantu menyediakan gizi yang seimbang secara optimal sebagai bagian dari rezim harian Anda selain makanan reguler Anda.

Protein kedelai dianggap sebagai protein tersehat yang tersedia. Ini adalah protein yang paling ramah ginjal di planet ini. Itu 100 persen diserap dan memberikan manfaat kesehatan yang mengesankan. FDA mengizinkan klaim bahwa 25 g / hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Protein kedelai membantu menurunkan kadar kolesterol, membantu massa tulang, membuat menopause lebih mudah bagi wanita tanpa masalah kesehatan yang dikaitkan dengan terapi penggantian hormon seperti kanker payudara, penyakit jantung atau stroke. Dalam beberapa pendapat, 80% hingga 90% kematian penyakit jantung dapat dicegah dengan penurunan berat badan dan dengan intervensi nutrisi seperti protein kedelai. Namun, tidak ada yang harus mengurangi pengobatan untuk kondisi apa pun tanpa konsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang merawat mereka.

Kita membutuhkan lebih banyak karbohidrat secara proporsional daripada yang lain. Konsumsi karbohidrat itu sendiri bukan masalah. Masalahnya terletak pada jenis karbohidrat yang kita pilih untuk dimakan. Saat makan karbohidrat, pikirkan butir-butir gelap, yaitu, roti gandum, nasi, dan pasta. Butir hitam juga merupakan salah satu sumber serat terbaik.

Buah dan sayuran sama-sama bagus untuk serat. Kami membutuhkan 5 hingga 11 porsi buah dan sayuran setiap hari. Perempuan harus memiliki setidaknya 7 porsi dan laki-laki 9 porsi. Karena kebanyakan orang tampaknya kesulitan makan bahkan 5 porsi buah dan sayuran, kita perlu memperkenalkan suplemen yang tepat dalam makanan kita. Namun, tidak ada suplemen yang benar-benar dapat menggantikan manfaat dari makan buah dan sayuran. Kita akan kembali ke masalah nutrisi nabati atau nabati di artikel berikutnya dalam seri ini (Makan Dengan Warna – Sarapan Sehat: Apa yang Dibutuhkan Tubuh Kita (3)).

Kelompok nutrisi makro lainnya adalah lemak. Kita tahu bahwa lemak jenuh, yang memadat pada suhu kamar, berkontribusi terhadap arteriosklerosis, pembekuan arteri, dan oleh karena itu menjadi penyakit cardio-vascular. Lemak tak jenuh, di sisi lain, terutama yang mengandung asam lemak omega-3 tinggi seperti minyak rami, minyak zaitun dan minyak ikan, sehat, tetapi sama-sama harus dikonsumsi dalam jumlah sedang karena jumlah kalori yang tinggi.

Seperti vitamin C, tubuh kita tidak menghasilkan beberapa asam lemak esensial (EFA). Kita harus mendapatkannya dari makanan atau suplemen. Kiat: di mana pun Anda melihat kata "penting" dalam definisi gizi, itu berarti bahwa tubuh kita benar-benar membutuhkannya tetapi tidak dapat menghasilkannya; kita harus makan untuk mendapatkan nutrisi ini.

Dalam beberapa tahun terakhir, pentingnya asam lemak omega-3 telah didokumentasikan untuk berbagai penggunaan yang berhubungan dengan kesehatan. Ahli jantung, spesialis radang sendi, psikiater, ahli saraf, semua merekomendasikan asam lemak omega-3 karena efek anti-inflamasinya yang kuat.

Berbeda dengan manfaat yang berasal dari protein kedelai, yang hanya dapat diperoleh dari makan kedelai, manfaat yang berasal dari asam lemak omega-3 dapat diperoleh dari suplemen. Anda tidak harus makan ikan untuk mendapatkannya. Penelitian telah menunjukkan bahwa suplementasi dengan asam lemak omega-3 akan memberikan setidaknya sebanyak manfaat sebagai makan ikan. Perbedaannya adalah bahwa suplemen aman sementara beberapa ikan terkontaminasi.

Omega-6 terkait erat dengan asam lemak esensial omega-3. Kedua asam lemak diperlukan untuk kesehatan yang baik tetapi harus dikonsumsi dalam proporsi yang tepat. Tumbuhan menyediakan mereka dalam rasio yang benar (3 banding 1) dan juga menyediakan vitamin E dan anti-oksidan lainnya untuk melawan sifat inflamasi asam lemak omega-6. Makanan olahan modern, bagaimanapun, menggunakan banyak minyak yang memiliki omega-3 dilucuti dalam pemrosesan. Akibatnya, diet modern mengandung omega-6 dan omega-3 dalam rasio antara 10 hingga 1 dan 30 hingga 1. Banyak ilmuwan sekarang percaya bahwa rasio omega-6 yang sangat tinggi menjelaskan banyak kondisi peradangan seperti IBS, penyakit auto-imun, asma, penyakit jantung dan banyak bentuk umum kanker karena vitamin anti-oksidan alami yang terjadi pada tanaman tidak ada dalam bahan-bahan yang digunakan dalam masakan modern.

Mikro nutrien

Penggunaan suplemen multi-vitamin telah meledak dalam popularitas selama dua dekade terakhir. Sekarang, juga profesi medis telah mulai berlangganan suplementasi vitamin dan mineral.

Studi ilmiah mendukung penggunaannya untuk berbagai alasan. Suplemen dapat membantu membawa konsumsi vitamin dan mineral hingga tingkat yang direkomendasikan. Penggunaannya pada tingkat di atas asupan yang disarankan mungkin bermanfaat untuk menjaga kesehatan yang optimal dan mencegah penyakit. Asupan yang cukup dapat bermanfaat dalam mengurangi risiko cacat lahir dan dapat membantu mengurangi risiko beberapa penyakit kronis. Namun, suplementasi vitamin dan mineral saja bukan merupakan pengganti diet yang sehat. Ini akan membantu untuk mencapai kesehatan gizi secara keseluruhan dalam kombinasi dengan diet seimbang yang ditarik, misalnya, dari Piramida Masakan California (Saya membahas ini dalam artikel saya: Piramida Makanan – Sarapan Sehat: Apa yang Dibutuhkan Tubuh Kita (1)).

Standar Nutrisi dan Farmakologi untuk Suplemen

Hanya sedikit orang yang tahu bahwa suplemen nutrisi dapat diproduksi dengan standar yang berbeda. Standar nutrisi mengharuskan suplemen mengandung setidaknya 30% dari bahan yang tercantum pada label. Standar farmakologi mengharuskan suplemen mengandung setidaknya 98% dari bahan yang tercantum pada label. Menambahkan ini ke kualitas bahan menjelaskan mengapa banyak pengguna suplemen vitamin murah melaporkan bahwa mereka tidak merasa berbeda ketika mengambilnya. Ini adalah lagu lama yang sama lagi: Anda mendapatkan apa yang Anda bayar.

RDA

Banyak pengunjung ke toko makanan kesehatan dan supermarket bingung dengan persentase pada label yang disebut RDA. Penting untuk mengetahui bahwa Recommended Daily Allowance (RDA) adalah standar minimum yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia dan diadopsi oleh otoritas terkait di masing-masing negara. Jika asupan turun di bawah RDA, populasi akan diklasifikasikan sebagai kurang gizi. Misalnya, RDA untuk vitamin C adalah 30 mg. Vitamin C adalah nutrisi penting; itu sangat penting bagi kesehatan sel-sel tubuh kita. Karena tubuh manusia tidak dapat menghasilkan vitamin C, kita perlu mendapatkan vitamin C dari makanan dan / atau suplemen. Konsumsi secara konsisten di bawah RDA untuk vitamin C akan menghasilkan penyakit kudis. Di ujung lain skala, batas atas yang aman untuk vitamin C adalah 10.000 mg. Dalam kombinasi dengan makanan normal, suplemen vitamin C, oleh karena itu, tidak hanya sangat aman tetapi juga diperlukan dalam banyak kasus. Jika ada bahaya overdosis, produsen suplemen yang dimaksud diwajibkan oleh hukum untuk menyatakan ini pada label.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here