Jakarta –

Polisi Indonesia secara bersamaan mengadakan Operasi Patuh. Operasi Kepatuhan yang diselenggarakan oleh Polisi Lalu Lintas Nasional diadakan secara serentak di Indonesia. Operasi yang patuh akan bertindak terhadap pelanggar lalu lintas.

Namun, Indonesia Traffic Watch (ITW) mengkritik implementasi Operasi Kepatuhan tahun 2020. Menurut Ketua Presidium ITW, Edison Siahaan, operasi lalu lintas yang serupa telah dilakukan selama bertahun-tahun. Namun, implementasi setiap tahun tidak dianggap berdampak pada upaya mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, lalu lintas yang lancar (Kamseltibcarlantas).

"Itu membuat orang takut dan gemetar ketika mengetahui bahwa Polisi Nasional akan mengadakan operasi," kata Edison melalui pernyataan tertulis yang diterima oleh AFP, Kamis (23/7/2020) kemarin.

Edison melanjutkan, data empiris menunjukkan bahwa operasi yang dilakukan oleh Polisi Lalu Lintas Nasional tidak mampu meningkatkan kesadaran lalu lintas masyarakat. Dia mengatakan, operasi tidak bisa diharapkan untuk meningkatkan kepatuhan publik dalam mematuhi peraturan lalu lintas.

"Faktanya, mewujudkan Kamseltibcarlantas tidak harus dilakukan dengan operasi. Kesadaran akan lalu lintas yang tertib dan kepatuhan publik terhadap aturan akan dibangun dan ditingkatkan jika penegakan hukum dilakukan secara konsisten, tentunya oleh aparatur profesional. Ditemani secara masif sosialisasi kepada masyarakat hingga ke semua lapisan masyarakat. "Sosialisasi dilakukan terus-menerus untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjadikan keselamatan lalu lintas suatu kebutuhan," kata Edison.

"ITW merekomendasikan bahwa Kepolisian Nasional khususnya Korps Lalu Lintas memprioritaskan kegiatan yang dapat membangun kesadaran publik untuk menjadikan keselamatan lalu lintas persyaratan wajib. Dan memastikan bahwa semua petugas Polantas di lapangan secara konsisten melakukan penegakan hukum sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku. Jangan lupakan juga membangun koordinasi secara sinergi dengan lembaga lain. Sehingga setiap kebijakan tidak menimbulkan perbedaan sikap dan tindakan di lapangan, "kata Edison.

Operasi Obedient 2020 diadakan pada 23 Juli 2020 hingga 5 Agustus 2020. Operasi Obedient akan mengekang pelanggar lalu lintas yang selama PSBB beberapa waktu lalu tindakan seperti tiket lalu lintas sementara ditangguhkan. Menimbang bahwa pada saat ini kegiatan masyarakat mulai hidup kembali ketika baru normal dan menemukan banyak pelanggaran lalu lintas lagi.

Lihat videonya "Takut menjadi sasaran penggerebekan, Banyak Arah Balik Sepeda Motor di Purwakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr / lth)