Jakarta – Polisi lalu lintas akan melakukan Operasi Zebra akhir bulan ini untuk menindak pengendara yang belum mematuhi semua peraturan yang berlaku. Operasi Zebra akan berlangsung selama 2 minggu mulai dari 30 Oktober hingga 12 November 2018.

Untuk menghindari proses tiket yang rumit atau proses hukum, ingatkan pengemudi untuk memenuhi peraturan lalu lintas. Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto mengingatkan pengemudi untuk melengkapi identitas mereka demi keselamatan dalam berkendara.

"Diharapkan bahwa pengendara akan melengkapi identitas pribadi mereka, identitas kendaraan dan kelayakan kendaraan itu sendiri," katanya.

Kegiatan rutin tahunan yang mengacu pada UU No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan bertujuan untuk membangun budaya lalu lintas tertib untuk menghindari ketidaknyamanan dalam berkendara.

Selain melengkapi identitas rambu lalu lintas, pengemudi harus memberi perhatian khusus. "Pelanggaran tanda, melawan arus, dan overloading adalah pelanggaran yang berpotensi menyebabkan laka fatalitas (kecelakaan lalu lintas)," kata AKBP Budiyanto.

Untuk titik lokasi Operasi Zebra AKBP Budiyanto tidak diumumkan. Yang pasti adalah bahwa operasi ini berjalan di yurisdiksi Polda Metro Jakarta dari 30 Oktober hingga 12 November 2018. (rip / rgr)