Jakarta – Motor listrik Harley-Davidson pertama, LiveWire, dikabarkan akan tiba di dealer resmi Harley-Davidson dalam waktu dekat. Dan sebagai persiapan, dealer HD di seluruh Amerika telah menginstal stasiun pengisian baterai EV (Kendaraan Listrik).

Seperti yang diberitakan oleh morebikes.co.uk, Harley-Davidson berencana untuk memiliki setidaknya satu dealer yang menawarkan LiveWire di setiap negara bagian di Amerika Serikat.

Tidak hanya berjualan, Harley juga menyiapkan tenaga penjual LiveWire yang berdedikasi untuk membantu konsumen memahami mesin listrik.

Tidak hanya itu, mekanik Harley-Davidson juga telah dikirim untuk melatih kendaraan listrik dan mempelajari lebih lanjut tentang cara menangani sistem elektronik dan sistem tegangan tinggi yang ditemukan di LiveWire.

Harley-Davidson LiveWare Foto: Harley-Davidson

Harley-Davidson sendiri nampaknya semakin serius dalam mengembangkan pasar sepeda motor listrik untuk menyambut era kendaraan ramah lingkungan.

Pabrikan motor legendaris ini sebelumnya telah mengumumkan empat konsep sepeda motor listrik baru, termasuk sepeda motor listrik ringan dan sepeda listrik.

Harley-Davidson LiveWire diperkirakan harganya $ 29.799 atau setara dengan Rp. 418,7 juta untuk pasar Amerika Serikat.

Mengenai kinerja, Harley-Davidson LiveWire diklaim mampu berakselerasi dari 0-60 mph (96 km / jam) hanya dalam 3,5 detik. Sementara soal jarak tempuh, kendaraan ini mampu menempuh jarak sekitar 110 mil atau setara dengan 177 km di jalan-jalan perkotaan dalam sekali pengisian baterai.

Pengisian daya dapat dilakukan di saluran listrik rumah tangga dan mendukung tingkat pengisian cepat 3. (lua / lth)